Sebutkan makna pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Posted on

Sebutkan makna pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

Makna pandangan hidup ( filsafat hidup ) menurut buku bahan Penataran P-4 antara lain ialah : 

•Setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan dan ingin mengetahui dengan jelas kea rah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan-persoalan yang diahadapinya dan menentukan arah serta cara bagaimana bangsa itu memecah persoalan-persoalan tadi. 

•Dengan pandangan hidup yang jelas suatau bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana ia memecahkan persoalan-persoalan politik, wkonomi, social dan budaya yang timbul dalam gerak masyarakat yang yakin maju. Dengan berpedoman pada pandangan hidup itu pula suatu bangsa akan membangun dirinya. 

•Dalam pandangan hidup ini terkandung konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa, terkadang pikiran-pikiran yang terdalam dan gagasan suatu bangsa mengenai wujud kehidupanyang dianggap baik. 

•Pada akhirnya pandangan hidup suatu bangsa adalah suatu kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekat pada bangsa untuk mewujudkannya. 

•Pandangan hidup merupakan masalah yang sangat asasi bagi kekokohan dan kelestarian suatu bangsa. Pandangan hidup ialah kesadaran dan cita-cita moral yang meliputi kejiwaan dan watak yang sudah berurat dan berakar didalam suatau bangsa Indonesia. Karena itu pancasila merupakan perwujudan nilai dan kepribadian bangsa.

Pandangan hidup bangsa artinya merupakan sistem nilai  yg dipilih dan di anut oleh bangsa indonesia krn kebaikan, kebenaran, keindahan dan manfaatnya bgi bngsa indonesia