Hubungan sistem gerak dengan aktivitas olahraga,tolong dibantu yah

Posted on

Hubungan sistem gerak dengan aktivitas olahraga,tolong dibantu yah

Jawaban Terkonfirmasi

Mata pelajaran : biologi
kelas : xi sma
kategori : sistem gerak – sistem gerak aktif
kata kunci : olahraga – otot – energi
kode kategori berdasarkan kurikulum ktsp : 11.4
pembahasan:

Dengan olahraga rutin, otot akan selalu terlatih buat bekerja. Otot juga makin punya kekuatan dan kinerja yang baik dengan berolahraga. Selain itu, olahraga bisa menjaga elastisitas otot, yang mana kemampuan otot kembali ke ukuran semula (relaksasi) setelah berkontraksi. Otot bisa mengalami kemunduran fungsi bila tidak sering digunakan.

Tentunya pola makan juga diperhatikan. Berbagai zat makanan, seperti karbohidrat, lemak, dan protein menghasilkan ATP (Adenosin Tri Phosphat). Nah, ATP ini yang akan diurai hingga menghasilkan energi untuk kontraksi otot. Perlu diingat, dalam kontraksi otot juga membutuhkan oksigen. Dengan berolahraga rutin, dapat memperlancar aliran darah. Eritrosit (sel darah merah) berfungsi membawa oksigen. Bila aliran darah tidak lancar, salah satu bagian tubuh bisa kekurangan oksigen yang menyebabkan terjadinya penimbunan asam laktat di sel otot, sehingga menyebabkan kelelahan otot. Asam laktat dapat diubah menjadi energi kembali, tetapi memerlukan banyak oksigen. Para pelari jarak jauh sering melakukan latihan aerobik untuk meningkatkan oksigen yang banyak dalam darah, sehingga mencegah kelelahan otot.

Selain itu, asupan kalsium yang cukup dipadu olahraga rutin dapat mencegah osteoporosis (keropos tulang). Dikarenakan matriks tulang lebih kuat untuk mengikat kalsium.

Oleh karena itu, olahraga sangat berdampak baik bagi sistem gerak kita. Tentunya tidak terlalu berlebihan dan perhatikan juga pola makan sehat dan seimbang. Semoga bermanfaat.