1

Posted on

Jelaskan Perilaku husnuzan pada Allah swt sesuai Q.S Al-Hujurat/49: 12!
2 Terjemahan Q.S At-taubah/9:105 di bawah ini!
وقرا عمواسيرى الله عملكم ورسوله والمؤمئو ورون إلى تغيير القيب والبادة
فيما موت​

1

1. husnudzon atau prasangka baik berasal dari kata Arab yaitu husnu yang artinya baik, dan zan yang artinya prasangka. husnudzon adalah sikap orang yang selalu berpikir positif terhadap apa yang telah diperbuat oleh orang lain. Husnudzon kepada Allah Swt, yakni dengan cara berprasangka baik dengan apa yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT.

2. Artinya:

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan"

Jawaban:

1. Tidak berburuk sangka terhadap Allah. Artinya, kita harus berprasangka yang baik terhadap Allah atas semua ketentuan yang diberikannya.

Contohnya kamu diberikan cobaan oleh Allah yaitu sakit. Kamu tidak boleh mengeluh karna pasti Allah punya tujuan yang sangat baik. Mungkin saat sebelum sakit kamu tidak punya teman, tapi saat kamu sakit banyak orang yang datang menjengukmu dan ingin berteman denganmu.

2. Artinya : "Dan katakanlah, Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Penjelasan:

Semoga membantu♡