Buatlah sebuah naskah pidato yang memuat pembukaan,isi pidato dan penutup!secara ringkas​

Posted on

Buatlah sebuah naskah pidato yang memuat pembukaan,isi pidato dan penutup!secara ringkas​

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri Bina Nusa, serta hadirin yang berbahagia. Marilah kita ucap puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan apapun.

Hadirin yang berbahagia.

Seperti yang kita ketahui, kesehatan sangatlah berharga. Oleh karenanya, selalu perhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Seringkali kita dapati minuman dengan aneka warna, rasa dan berbagai macam bentuk. Ada yang berupa minuman kemasan bernenergi, bersoda, isotonic, minuman penyegar, dan minuman yang menawarkan pemanis buatan dengan aneka rasa yang menggoda yang dikategorkan minuman instan.

Dengan kemasan yang menggoda dan merek yang berbeda-beda. Minuman instan mudah sekali didapat melalui gerai-gerai atau toko-toko yang ada disekitar kita. Namun, taukah anda jika minuman yang begitu menarik ini hampir tidak memiliki sisi positif bagi kesehatan kita? Tetapi kita dengan segarnya meminum air tersebut untuk mengilangkan dahaga.

Tubuh manusia terdiri atas 55 % hingga 78 % merupakan air, bergantung dari besarnya ukuran tubuh. Tubuh dapat bermetabolisme dengan baik apabila mengkonsumsi air putih sebanyak 1 – 7 liter setiap harinya untuk menghindari risiko dehidrasi. Tentunya, jumlah tersebut bergantung pula dengan kondisi seseorang.

Misalnya, seseorang yang hidup di wilayah tropis dengan suhu sedang hingga panas berbeda kebutuhan airnya dengan mereka yang ada di Korea yang sedang mengalami musim dingin atau salju. Contoh lain, seseorang yang bekerja di sawahgdengan panas matahari menyengat berbeda kebutuhan airnya dengan yang bekerja di kantor.

Hadirin yang berbahagia.

Kita telah membahas tentang kebutuhan air tubuh manusia. Akan tetapi timbu satu pertanyaan, apakah minuman instan tersebut dapat memenuhi kebutuhan air kita? tentu tidak. Kandungan yang terkandung pada minuman instan sangatlah berbahaya jika kita sering dalam mengkonsumsinya. Banyak sekali unsur kimiawi yang berbahaya dalam minuman kemasan. Berbagai macam penyakit hingga kangker dapat menyerang tubuh orang yang menggemari minuman instan ini.

Hadirin yang berbahagia.

Perlu kita ketahui kandungan apa saja yang terdapat pada minuman instan dan bahayanya bagi tubuh kita. Banyak iklan di pasaran yang menjajakan produk minuman tanpa pemanis buatan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan penyakit obesitas atau kegemukan, kerusakan gigi dan bahkan diabetes. Diabetes dulunya hanya diidap oleh lansia, tapi sekarang anak kecil sudah terjangkit diabetes akibat konsumsi minuman instan berlebih.

Sebotol minuman instan juga mengandung asam fosfor yang banyak ditemui dalam minuman bersoda. Asam fosfor ini akan membentuk gelembung udara yang kita tahu dapat memberikan kesegaran jika diminum. Akan tetapi, asam ini dapat menyebabkan keroposnya gigi dan dapat menyebabkan terjadinya radang sendi sehingga menimbulan penyakit osteoporosis pada tahap kecanduan tinggi

Hadirin yang berbahagia.

Banyak sekali kandungan dalam minuman instan selain gula dan asam fosfor yang berbahaya bagi kesehatan. Seperti kafein yang menyebabkan kegelisahan dan susah tidur, pewarna yang dapat menyebabkan batu ginjal, pengawet yang tidak baik untuk hati dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menghilangkan kebiasaan itu? Kita bisa memulainya dengan membiasakan untuk mengurangi konsumsi minuman instan secara berkelanjutan.

Sesuai anjuran praktisi kesehatan, kita hanya boleh meminum minuman instan 1 botol perminggunya. Seterusnya tingkat konsumsi terus dikurangi sampai tingkat konsumsi 1 botol perbulan atau pertahun. Tetapi alangkah baiknya jika kita tidak akan pernah minum minuman kemasan tersebut.

Hadirin yang berbahagia.

Satu-satunya air yang dibutuhkan oleh tubuh adalah air putih. Sebanyak apapun air berwarna dan berasa yang dikonsumsi tidak akan dihitung sebagai jumlah minimal air yang dikonsumsi setiap hari. Pasalnya air berwarna dan berasa memiliki zat yang tidak dapat larut di alam tubuh sehingga tidak dapat tercerna dengan baik. selain itu, rutin mengonsumsi air putih mampu melancarkan metabolisme tubuh.

Di Indonesia sendiri disarankan untuk mengonsumsi air putih sejumlah 8 gelas. Ingat kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Jumlah tersebut haruslah disesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, sedangkan terlalu berlebihan pun juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak minum air putih akan menyebabkan hiponatremia

Demikian sepenggal pidato yang dapat saya sampaikan. Kita berharap dengan infromasi yang telah saya berikan, hadirin semua dapat menjalankan dikehidupan sehari-harinya. Apabila ada salah kata, saya mohon maaf. Terima kasih. Ingat! Tetap jaga kesehatanmu untuk hidup lebih produktif. Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Penjelasan:

semoga bermanfaat:)