Sebutkan 2 fungsi hutan mangrove

Posted on

Sebutkan 2 fungsi hutan mangrove

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

2 fungsi hutan mangrove:

  1. Sebagai penahan erosi gelombang air laut
  2. Sebagai tempat bertelur dan berkembang biak hewan laut seperti ikan dan penyu

Pembahasan:

Hutan mangrove atau bakau adalah hutan dari pohon bakau, yang tumbuh di wilayah pesisir pantai. Indonesia adalah negara dengan jumlah mangrove terbanyak di dunia.  

Pohon bakau adalah tanaman-tanaman yang hidup di wilayah pesisir laut. Hutan bakau umumnya terdapat di perairan di wilayah beriklim tropis. Pohon bakau terdiri dari beberapa spesies seperti pohon bakau merah (Rhizophora mangle) dan bakau hitam (Avicennia germinans).  

Tanaman bakau bakau memiliki adaptasi berupa akar yang tinggi dan kuat yang dapat berada diatas air. Akar di bagian atas ini dapat digunakan untuk menyerap udara ketika bagian bawah terendam air.

Akar tanaman bakau mengikat tanah di pantai agar tidak mudah tergerus erosi oleh  gelombang laut. Bila tanaman bakau yang menghalangi erosi ini hilang maka tanah pantai akan mudah tergerus dan terkikis oleh gelombang laut. Akibatnya wilayah pantai bisa hilang karena gelombang yang kuat.

Hutan bakau digunakan oleh ikan dan hewan lain seperti penyu sebagai tempat hidup, bertelur dan berkembang biak. Ini karena sela-sela di akar dan batang bakau yang berada di bawah air memberikan tempat yang baik bagi hewan yang baru menetas untuk berlindung. Hilangnya tanaman bakau akan mengakibatkan terganggunya siklus hidup hewan ini dan populasi iklan bisa hilang serta hewan langka seperti penyu bisa punah.

————————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut:  

1. Yang bukan merupakan ciri-ciri tumbuhan penyusun hutan mangrove adalah…

brainly.co.id/tugas/3418809

2. Dimana sajakah persebaran hutan mangrove di Indonesia?

brainly.co.id/tugas/1816356

Detail Jawaban      

Kode: 6.10.4

Kelas: VI  

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 4 – Gejala Alam di Indonesia dan Negara Tetangga  

Kata kunci: Hutan Mangrove