Ringkasan materi sejarah dan fungsi musik tradisional​

Posted on

Ringkasan materi sejarah dan fungsi musik tradisional​

Jawaban:

Pengertian Musik Tradisional

Musik tradisional secara umum dimengerti sebagai seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang di daerah tertentu

Sementara itu, Purnomo bahwa seni musik tradisional adalah musik yang lahir, tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah kepulauan (Indonesia) dan merupakan kebiasaan turun-temurun yang masih di jalankan dan di pelihara oleh masyarakatnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah atau wilayah tertentu dan dilakukan serta dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakatnya.

Fungsi musik tradisional :

1. Sebagai sarana hiburan, terutama untuk pendengarnya tanpa terkecuali pemainnya pula

2. Sebagai sarana komunikasi, komunikasi ini tidak hanya sekedar komunikasi antar pemain dan penonton, namun dapat berupa komunikasi yang bersifat religi dan kepercayaan, seperti komunikasi antara masyarakat dengan roh nenek moyang atau leluhur.

3. Sebagai persembahan simbolis, artinya musik berfungsi sebagai simbol dari keadaan kebudayaan suatu masyarakat dan dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat sejauh mana tingkat kebudayaan suatu masyarakat.

4. Sebagai respons fisik, artinya musik berfungsi sebagai pengiring aktivitas ritmik seperti tari-tarian, senam, dansa dsb.

5. Sebagai keserasian norma-norma masyarakat, musik ikut andil dalam norma sosial dalam suatu budaya.

6. Sebagai institusi sosial dan ritual keagamaan, maksudnya musik memberikan kontribusi dalam kegiatan sosial maupun keagamaan, misalnya sebagai pengiring dalam peribadatan atau upacara adat tertentu.

7. Sebagai sarana kelangsungan dan statistik kebudayaan, artinya musik juga berperan dalam pelestarian guna kelanjutan dan stabilitas suatu bangsa.

8. Sebagai wujud integrasi dan identitas masyarakat, musik memberi pengaruh dalam proses pembentukan kelompok sosial, maksudnya musik berbeda akan membentuk kelompok yang berbeda pula.

Maap klo salah….

Semoga Membantu....