Contoh paragraf eksposisi, deskripsi, narasi, persuasi, dan argumentasi minimal 7 kalimat

Posted on

Contoh paragraf eksposisi, deskripsi, narasi, persuasi, dan argumentasi minimal 7 kalimat

A) NARASI

         Liburan sekolah tahun ini saya dan keluarga berkesempatan pergi berlibur ke Jawa Tengah tepatnya di Kota Semarang, yang dimana merupakn Ibu Kota Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang, dengan semboyanya yaitu “Kota Atlas” dimana banyak sekali keunikan yang terdapat dikkota tersebut, dan banyak sekali tempat menarik dan bersejarah yang dapat di kunjungi di Kota ini.

          kamipun berangkat dari rumah menuju Bandara untuk menuju Kota Semarang dengan menggunakan pesawat dengan lama perjalan sekitar dua jam,kami pun berangkat pukul satu siang dan sampai Bandara Ahmad Yani Semarang pukul tiga sore, setelah keluar Bandara kamI pun berujuan untuk mencari penginapan untuk bermalam di sekitar area Lawang sewu yang dimana objek wisata yang saya dan keluarga pilih.

B) DESKRIPSI

         setelah membersihan diri kami pun jalan-jalan malam di sekitaran Lawang sewu yang berada di Kota Semarang itu suasana malam itu sangat indah dengan berdirinya gedung Lawang sewu yang sangat kokoh itu menjadikan suasana malam itu nampak begitu eksotis dan membuat mata termanjakan, kami pun lantas berkeliling di sekitaran Lawang sewu sambil bercerita dan bersenda gurau.

         cerita yang dibicarkan ialah tentang gedung Lawang sewu itu sendiri yang berujung ke hal-hal mistis yang sebetulnya saya sudah sering membaca dan mendengarnya di media-media, yang menyampaikan bahwa gedung ini bukan hanya ada seribu pintu melainkan gedung dengan seribu hantu yang membuat bulu kuduk berdiri, akan tetapi kemerindingan itu sirna karena gedungnya tidak nampak seram melainkan indah dan megah.

C) EXPOSISI

          Lawang sewu merupakan sebuah gedung yang berada di kota semarang, jawa tengah yang dahulu merupakn kantor dari “nederlansch indishe spoorweg maatschppij” (NISM), dan dibangun pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907, terletak pada bundaran tugu muda semarang yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.

         saat ini bangunan yang berusia 100 tahun tersebut kosong dan bereputasi buruk sebagai bangunan angker dan seram, akan tetapi sesekali digunakan sebagai tempat pameran, diantaranya adalah Semarang Expo dan Tourism Expo.

D) ARGUMENTASI

         keesokan harinya kami bergegas meninggalkan gedung itu,kami pun lanjut ke tempat wisata lain, kesan yang saya dapat pun beragam, orang-orang banyak yang berfikiran bahwa Lawang sewu tempat angker banyak hantu yang berkeliaran dan tampat banyaknya orang yang terbunuh di gedung itu.

         tetapi itu bertolak belakang dengan yang aslinya yang ternyata sangat mempesona nan elok dimata itu, mungkin kebiasaan umum orang Indonesia yang masih suka hal-hal mistis menjadikan Lawang sewu menjadi tempat wisata mistis.

E) PERSUASI

         namun sangat disayangkan gedung yang indah dan penuh sejarah itu dibeberapa tempat banya sekali coretan oleh tangang-tangan orang jahil, seharusnya kita dapat menjaga gedung itu dengan baik karena anak cucu kita pasti ingin sekalai melihat gedung ini.

         maka dari itu kita harus jaga dan lestarikan tempat bersejarah itu bukan hanya di gaedung lawang sewuu itu saja tapi di tempat-tempat bersejarah lain