Mengapa Islam menganjurkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan selama hidup didunia?

Posted on

Mengapa Islam menganjurkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan selama hidup didunia?

Jawaban Terkonfirmasi

Mengapa Islam menganjurkan untuk mempelajari ilmu pengetahuan selama hidup di dunia? Agar tidak mudah tersesat selama di dunia.

Pembahasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu artinya pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan tersebut.

Ada sebuah hadits riwayat Ibnu Majah yang berbunyi "thalabul 'ilmi faridhatun 'ala kulli muslim" yang bermakna menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim. Kenapa harus menuntut ilmu? Karena dalam kehidupan, ada berbagai permasalahan yang harus dihadapi. Untuk menghadapi, kamu membutuhkan ilmu. Karena dengan ilmu, kamu akan tahu mana yang benar dan mana yang salah. Apakah kamu harus menghadapi, atau malah menyerah–dengan bunuh diri. Setiap tindakan harus berlandaskan ilmu, apabila ilmu yang dipelajari itu salah, maka bertaubatlah, tinggalkan ilmu yang salah kamu pelajari, dan carilah ilmu yang lebih benar.

Ilmu itu ada bermacam-macam: ilmu agama, ilmu sains, ilmu bahasa, ilmu sastra, ilmu matematika, ilmu sosial, dan lain-lain.

Untuk menuntut ilmu, kamu juga membutuhkan ilmu–ilmu adab. Yakni:

  1. Niat menuntut ilmu lillahi ta'ala. kenapa? Agar ilmu yang dipelajari lebih lama bertahan. Ada hadits riwayat Bukhari yang berbunyi "Innama a'malu binniyat" yang berarti "perbuatan itu tergantung pada niatnya". Contoh: kalau kamu niat menuntut ilmu hanya untuk dapat pujian, maka yang kamu dapatkan hanyalah pujian, bukan ilmu yang bermanfaat.
  2. Diam dan dengarkan baik-baik apa yang gurumu sampaikan, bila ada yang ingin ditanyakan padanya, maka tanyakanlah setelah gurumu selesai bicara.
  3. Bila sudah dapat ilmunya, jangan sombong ataupun malu. Ada pepatah, semakin padi berisi maka ia akan semakin merunduk. Semakin pintar seseorang, maka (harusnya) makin rendah hati ia. Bila sombong, berarti ilmu yang dia dapat itu kurang.
  4. Agar lebih mudah menghafal, maka tulis penjelasan gurumu di kertas manapun.

———————————————————————————————–

Pelajari lebih lanjut

Kewajiban menuntut ilmu bagi umat islam

brainly.co.id/tugas/805089

Detil jawaban

Mata pelajaran: Bahasa Arab/Pendidikan Agama Islam

Materi: Kewajiban Menuntut Ilmu

Kata kunci: Menuntut Ilmu

Kelas: 6 SD

Kode soal: 14

Kode kategori: 6.14

#OptiTeamCompetition