Ada 4 macam faktor yang dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan yang kita kenal dengan istilah anemogami,zoogami,hidrogami dan antropogami,jelaskan!

Posted on

TOLONG PLS AKU PUSING,MALAM TAKBIRAN TUGAS NUMPUK​

Ada 4 macam faktor yang dapat membantu penyerbukan pada tumbuhan yang kita kenal dengan istilah anemogami,zoogami,hidrogami dan antropogami,jelaskan!

Jawaban:

1. Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)

penyerbukan ini terjadi dengan bantuan angin, serbuk sari akan terbawa angin kemudian jatuh di putik sehingga terjadi penyerbukan. Tumbuhan yang penyerbukannya menggunakan anemogami biasanya memiliki tangkai sari yang panjang serta serbuk sarinya ringan, banyak, dan berbulu.

2. Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami)

hewan dalam proses penyerbukan ini berperan untuk memindahkan serbuk sari sehingga bisa sampai ke putik. contoh hewan yang membantu penyerbukan adalah lebah, burung, kelelawar bahkan siput. Tumbuhan yang penyerbukannya dengan cara ini biasanya memilki ciri-ciri warna mahkota mencolok, makota bunganya besar, memiliki bau yang khas, dan memiliki kelenjar madu.

3. Penyerbukan dengan Bantuan Air (Hidrogami)

penyerbukan ini terjadi karena serbuk sari terbawa oleh air sehingga bisa sampai ke putik

4. Penyerbukan dengan Bantuan Manusia (Antropogami)

contoh tanamannya adalah yang memilki ciri-ciri: memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu duduk bunga (bunga tunggal), kepala putiknya dalam kondisi tertutup sehingga tidak memungkinkan masuknya kepala putik tanpa dibuka terlebih dahulu, serbuk sari sulit rontok.

semoga membantu, SEMANGAT!