Kedalam gelas 1 dituang air mendidih tanpa ditutup.kedalam gelas 2 dituang air mendidih dan ditutup.kedalam gelas 3 diisi es tanpa ditutup.peristiwa penhembunan akan terjadi pada gelas……

Posted on

Kedalam gelas 1 dituang air mendidih tanpa ditutup.kedalam gelas 2 dituang air mendidih dan ditutup.kedalam gelas 3 diisi es tanpa ditutup.peristiwa penhembunan akan terjadi pada gelas……

Jawaban Terkonfirmasi

Kedalam gelas 1 dituang air mendidih tanpa ditutup.kedalam gelas 2 dituang air mendidih dan ditutup.kedalam gelas 3 diisi es tanpa ditutup. Peristiwa pengembunan akan terjadi pada gelas 3. Embun terbentuk ketika udara yang berada di dekat suatu permukaan menjadi dingin mendekati titik dimana udara tidak dapat lagi menahan semua uap air.

Pembahasan

pernahkan teman-teman memasak air atau melihat pembuatan pisau di pandai besi. pada kedua proses tersebut terjadi mekanisme perpindahan panas. Saat memasak panas berpindah dari kompor menuju air melalui peralatan masak. Sedangkan ketika membuat pisau panas berpindah melalui batang baja.

Secara umum mekanisme perpindahan panas digolongkan menjadi 3 jenis yaitu :

  • Konduksi (hantaran) adalah proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang suhunya tinggi ke tempat yang suhunya lebih rendah, dengan media penghantar panas tetap. Contohnya adalah perpindahan panas ketika memanaskan sebatang besi pada salah satu ujungnya.
  • Konveksi (aliran) yaitu perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir di sekitarnya, dengan menggunakan media penghantar berupa fluida (cairan/gas). contohnya adalah perpindahan panas dari kompor ke air ketika merebus kentang. perpindahan panas pada ruangan ketika menggunakan perangkat air conditioner (AC).
  • Radiasi (pancaran) adalah perpindahan panas yang terjadi karena pancaran/sinaran/radiasi gelombang elektromagnetik, tanpa memerlukan media perantara. contohnya adalah perpindahan panas dari sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. perpindahan panas dari api unggun ke tubuh ketika berkemah.

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : XI SMA

Mapel : Fisika

Materi : Suhu dan Kalor

Kode : 11.6.5

Kata Kunci : Kalor, suhu, konveksi, konduksi, radiasi