Fungsi medula dan pelvis pada ginjal.

Posted on

Fungsi medula dan pelvis pada ginjal.

Jawaban Terkonfirmasi

Fungsi medula pada ginjal adalah tempat penyaluran hasil penyaringan urin dari tubulus kontortus proksimal ke tubulus kontortus distal. Penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal disebut lengkung henle. Fungsi pelvis pada ginjal adalah tempat penampungan urin yang akan disalurkan dari ureter ke kandung kemih. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan

Ginjal adalah organ eksresi yang bertuga mengeksresikan urine. Ginjal terletak di rongga perut, di sebelah kiri dan kanan ruas-ruas tulang pinggang. Ginjal terdiri atas empat bagian, yaitu kapsul, korteks, medula, dan rongga ginjal.

1) Kapsul

Kapsul pada ginjal merupakan selaput tipis yang menyelubungi ginjal.

2) Korteks (kulit ginjal)

Korteks merupakan lapisan ginjal paling luar dan terdapat jutaan badan Malpighi dan tubulus (saluran). Badan Malphigi terdiri atas glomerulus yang diselubungi kapsula Bowman. Tubulus dibedakan menjadi tubulus kontrortus proksimal (dekat dengan Malpighi), tubulus kontortus distal (menjauhi Malpighi), dan tubulus kolektivus.

3) Medula (sumsum ginjal)

Medula merupakan lapisan bagian dalam ginjal yang berbentuk seperti piramida (kerucut). Pada lapisan ini, terdapat lengkung henle ascenden (naik) dan ascenden (turun) yang berfungsi menghubungkan tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.

4) Pelvis Renalis (rongga ginjal)

Pelvis renalis merupakan tempat penampungan urine yang akan disalurkan ke ureter. Melalui ureter, urine ini disalurkan menuju kandung kemih. Setelah disimpan untuk sementara waktu, urine dikeluarkan dari tubuh melalui saluran uretra.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang nefron, bagian-bagian dan tujuannya: brainly.co.id/tugas/101737

2. Proses pembentukan urine: brainly.co.id/tugas/15596312

3. Fungsi ginjal kiri dan kanan: brainly.co.id/tugas/1744935

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Fisika

Bab: Sistem Eksresi pada Manusia

Kode: 9.4.2