Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi,misal nya yaitu

Posted on

Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi,misal nya yaitu

MOTIF ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi.

Motif ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu motif INTRINSIK yang berasal dari dalam diri sendiri dan motif EKSTRINSIK yang berasal dari luar diri atau pengaruh lingkungan.

Contoh motif ekonomi yang berasal dari dalam diri sendiri (intrinsik) misalnya seseorang manabung di bank karena mereka butuh jaminan keamanaan, atau sesorang membeli handphone untuk memudahkannya dalam berkomunikasi. Kemudahan berkomunikasi yang menjadi alasan bagi seseorang itu untuk membeli handphone berasal dari dirinya sendiri agar ia dapa berkomunikasi dengan mudah dengan menggunakan handphone itu.

Contoh motif ekonomi yang berasal dari pengaruh lingkungan (ekstrinsik) misalnya seorang siswa membeli sepatu hitam karena peraturan sekolah mewajibkan seluruh siswanya untuk memakai sepatu hitam. Peraturan sekolah yang men jadi alasan siswa itu membeli sepatu hitam berasal dari luar dirinya.

Semoga membantu 🙂

Ekonomi

Motif dan Prinsip Ekonomi

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀

Motif ekonomi merupakan dorongan untuk melakukan sebuah tindakan ekonomi dalam rangka untuk mencapai sebuah kemakmuran.

Motif ekonomi ini dapat digolongkan menjadi 5, antara lain:

1. Untuk memenuhi kebutuhan

⇒ Yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya seseorang yang bekerja keras agar mendapatkan uang untuk dapat dibelanjakan kebutuhan-kebutuhannya.

2. Untuk memperoleh kekuasaan

⇒ Yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk memperoleh sebuah kekuasan walaupun sebenarnya pelaku ekonomi tersebut sudah makmur, tapi tetap saja ia melakukan tindakan ekonomi tersebut. Misalnya seorang pengusaha yang sukses terus-menerus mengembangkan usahanya agar usahanya dapat menguasai dunia.

3. Untuk mendapatkan kesejahteraan

⇒ Yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk memperoleh laba atau keuntungan sehingga hidupnya sejahtera. Misalnya seseorang yang bekerja dengan giat agar penghasilannya bertambah.

4. Motif sosial

⇒ Yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan untuk membantu sesama atau yang membutuhkan. Misalnya seseorang bekerja untuk kemudian disumbangkan kepada anak-anak yatim.

5. Mendapat suatu penghargaan

⇒ Yaitu tindakan ekonomi yang dilakukan untuk memperoleh suatu penghargaan yang ia inginkan. Misalnya seorang karyawan yang bekerja dengan tekun agar mendapatkan penghargaan dari perusahaannya.