Tuliskan bentuk-bentuk toleransi dalam menyikapi keberagaman

Posted on

Tuliskan bentuk-bentuk toleransi dalam menyikapi keberagaman

Jawaban Terkonfirmasi

Bentuk-bentuk toleransi dalam menyikapi keberagaman adalah menghormati agama, suku, budaya, daerah, dan wilayah yang berbeda dengan kita. Salah satu contoh spesifiknya adalah menghormati adat istiadat suatu daerah/tempat apabila kita baru datang di suatu daerah yang bukanlah daerah kita, dan tidak mencemooh apabila adat/budaya di daerah tersebut berbeda jauh dengan budaya sehari-hari kita.

Pembahasan

Toleransi artinya menghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, kepercayaan, pandangan terhadap sesama manusia yang pada dasarnya bertentangan dengan diri sendiri. Toleransi bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama dalam beraktivitas dan dan berinteraksi sesama manusia. Dengan bersabar dan menahan diri serta menghargai orang lain, maka konflik atau perbedaan bisa dicegah atau tidak akan terjadi.Toleransi juga memiliki peranan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Indonesia merupakan negara multikultur dengan agama, suku, dan ras yang beragam. Dalam kehidupan bernegara, diperlukan upaya mengedepankan toleransi agar tercipta ketentraman dan kedamaian satu sama lain.

Terkadang, perbedaan membuat seseorang merasa aneh jika melihat sesuatu yang dirasa tidak lazim seperti yang biasa ia lihat. Oleh karena itu, seorang warga negara semestinya mengetahui bahwa keberagaman tersebut merupakan warna yang memperindah negaranya.

Toleransi adalah salah satu perilaku baik yang harus dipegang oleh seseorang ketika berhadapan dengan orang lain yang berbeda agama, suku, ras, budaya, dan daerahnya. Berikut ini contoh dari perilaku toleransi antar suku dan ras :

  • Bergaul dengan orang lain tanpa memandang mereka dari suku apa dan berasal dari daerah mana.
  • Tidak melihat seseorang yang harus dihargai berdasarkan asal-usul daerah dan keturunannya. Salah satu contohnya adalah tidak membedakan apakah seseorang itu asli pribumi atau bukan.
  • Tidak menghina orang dari suku atau ras lain yang berbeda dengan kita.

Pelajari Lebih Lanjut :

  1. Materi tentang toleransi dalam beragama pada brainly.co.id/tugas/11682566
  2. Materi tentang toleransi dalam keberagaman pada brainly.co.id/tugas/38940188
  3. Materi tentang toleransi dalam kehidupan masyarakat brainly.co.id/tugas/2474513

Detail Jawaban :

  1. Kelas : 11
  2. Bab : 11, Toleransi sebagai Alat Pemersatu Bangsa
  3. Mapel : Agama
  4. Kode : 11.14.11

#AyoBelajar