Mengapa kita sebagai masyarakat harus menjaga kelestarian lingkungan sekitar, dan mencegah pencemaran lingkungan

Posted on

Mengapa kita sebagai masyarakat harus menjaga kelestarian lingkungan sekitar, dan mencegah pencemaran lingkungan

Karena lingkungan berpengaruh besar dalam kehidupan kita, hidup kita akan sehat jika lingkungan kita bersih dan indah. Jika lingkungan kita rusak akan mempengaruhi hidup kita, pikiran kita dan juga kesehatan.

Untuk menjaga atau mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, upaya-upaya konkret yang bisa kita lakukan diantaranya adalah dengan mengatur sistem pembuangan limbah industri. Dimana pun anda berada, anda sebaiknya turut mengkritisi mengenai pembuangan limbah yang menyalahi prosedur di beberapa daerah industri.

Ada banyak hal-hal yang bisa anda lakukan untuk ini. Misalnya, jika anda tinggal di daerah tertentu yang memiliki area khusus untuk industri. Anda bisa secara berkala mengecek pembuangan limbah yang dilakukan oleh industri tersebut dan memberi pengertian mengenai cara-cara yang tepat dalam melakukan pembuangan limbah yang tidak membahayakan lingkungan.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengawasan terhadap pemakaian bahan-bahan kimia yang biasa digunakan dalam dunia pertanian, seperti pemakaian pestisida, insektisida, dan bahan kimia lain yang bisa membahayakan atau dapat memberi potensi pencemarn lingkungan.

Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa penyuluhan atau pendidikan mengenai lingkungan hidup yang baik bagi sebagian warga agar dapat menghidupkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan mencegah pencemaran.

Anda juga bisa mengusulkan mengenai sanksi atau hukuman tertentu yang bisa diterapkan pada orang atau pihak yang melakukan kesalahan terkait dengan pencemaran lingkungan.