Berapa sanitasi oksigen dan bagaimana cara mempertahankan sanitasi oksigen ?

Posted on

Berapa sanitasi oksigen dan bagaimana cara mempertahankan sanitasi oksigen ?

Jawaban Terkonfirmasi

Sanitasi oksigen/Oksigen  terlarut ( DO ) merupakan jumlah oksigen terlarut dalam air yang berasal dari fotosintesa dan absorbsi udara.

Oksigen terlarut di suatu perairan sangat berperan dalam proses penyerapan makanan oleh mahkluk hidup dalam air. Untuk mengetahui kualitas air dalam suatu perairan, dapat dilakukan dengan observasi beberapa parameter kimia seperti oksigen terlarut (DO).

Semakin banyak jumlah DO (dissolved oxygen ) maka kualitas air semakin baik.jika kadarnya terlalu rendah akan menimbulkan bau tidak sedap akibat degradasi anaerobik yang mungkin terjadi. 

Keperluan organisme terhadap oksigen relatif bervariasi tergantung pada lems, stadium dan aktifitasnya. Kandungan oksigen terlarut (DO) minimum yaitu 2 ppm dalam keadaan normal dan tidak tercemar oleh senyawa beracun. Idealnya, kandungan oksigen terlarut dan tidak boleh kurang dari 1,7 ppm selama waktu 8 jam dengan sedikitnya pada tingkat kejenuhan sebesar 70 %

Oksigen terlarut dapat dianalisis dengan 2 macam cara, antara lain:
a.         Metoda titrasi dengan cara WINKLER
b.        Metoda elektrokimia

cara mempertahankan sanitasi oksigen
1. Cara untuk menanggulangi jika kelebihan kadar oksigen terlarut: 
-Menambah kedalaman air karena semakin dalam air tersebut maka semakin kadar oksigen terlarut akan menurun karena proses fotosintesis semakin berkurang dan kadar oksigen untuk pernapasan dan oksidasi bahan organik  dan anorganik.
-Menaikkan suhu/temperatur air karena jika temperatur naik maka kadar oksigen terlarut akan menurun.

2.Cara untuk menanggulangi jika kekurangan kadar oksigen terlarut:

- Mengurangi bahan – bahan organik dalam air, karena jika banyak terdapat bahan organik dalam air maka kadar oksigen terlarutnya rendah.- Menurunkan suhu/temperatur air, dimana jika temperatur turun maka kadar oksigen terlarut akan naik.

–  Diusahakan agar air tersebut mengalir.

- Mengurangi kedalaman air, dimana semakin dalam air tersebut maka semakin kadar oksigen terlarut akan naik karena proses fotosintesis semakin meningkat.