Jelaskan penyimpangan yang terjadi pada ajaran islam yang muncul pada awal masa pembaharuan

Posted on

Jelaskan penyimpangan yang terjadi pada ajaran islam yang muncul pada awal masa pembaharuan

Jawaban Terkonfirmasi

Banyak sekali peristiwa penyimpangan dalam islam, kini marak terjadinya munculnya nabi palsu, qur'an dipalsukan, hadist dipalsukan, dan lain-lain

Pembahasan:

Arus kehidupan yang  dinamis telah menghasilkan pembaharuan-pembaharuan Islam baik secara ideologis maupun dalam tindakan. Pembaruan di sini tidak menambah ajaran baru  Islam. Namun, menurut sumber tersebut, proses kebangkitan Islam berada dalam rentang waktu. Pemecahan masalah baru yang muncul juga dikaitkan dengan referensi keislaman.

Dalam Islam istilah pembaruan dikenal sebagai Tajid. Seorang mujadid (inovator) lahir sebagai respon atau respon terhadap tantangan internal dan eksternal yang berkaitan dengan keyakinan dan kondisi sosial masyarakat.

Nabi SAW sendiri telah meyakinkan bahwa Allah SWT akan melahirkan Mujadid dalam  waktu satu abad (100 tahun). Fungsinya sama dengan para nabi yang diutus. Mujadid membimbing orang untuk bimbingan Al-Qur'an dan Sunnah dan menyelamatkan umat Islam  dari kesalahan. Sebagaimana ditegaskan Nabi SAW dalam sabdanya: “Sesungguhnya Allah  mengutus seseorang ke negeri ini (Muslim) pada  setiap awal abad untuk memperbaharui (memperbaiki) urusan agama mereka.” (HR Abu Daud).

Pelajari Lebih lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel ; PAI

Kategori ; Sejarah Nabi Muhammad SAW

Kode : 7.14.9

#AyoBelajar

#SPJ2