Contoh pidato tentang hut RI ke 73

Posted on

Contoh pidato tentang hut RI ke 73

"Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak kepala sekolah,

Yang terhormat bapak/ibu guru,

Yang terhormat para staff karyawan,

Serta adik-adik saya yang saya cintai dan saya sayangi. Pertama-tama marilah kita semua panjatkan rasa puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul disini tanpa ada halangan suatu apapun, dalam rangka memperingati hari yang istimewa yakni HUT RI yang ke-73 tahun 2018.

Hadirin sekalian saat ini kita sedang memperingati hari HUT RI yang ke-73, marilah kita semua mengenang sejenak perjuangan para pahlawan kita dahulu yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekan Negara Indonesia dari tangan penjajah. Dahulu kala betapa hebatnya para pahlawan kita dalam berperang memperebutkan kemerdekaan, sampai mereka rela mengorbankan diri mereka untuk negara kita tercinta.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu kita, tentunya kita sudah sangat beruntung tidak sampai mengorbankan diri seperti mereka tetapi dengan cara mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Bagaimana caranya? Kita sebagai pelajar harus giat belajar dab meraih cita cita demi kemajuan negara kita dengan begini kita sudah ikut meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu kita.

Hal lain lagi adalah Kita harus mempunyai jiwa nasionalisme dan selalu mencintai negara kita Indonesia. Salah satunya dengan cara mengenakan produk asli Indonesia seperti batik bukan malah senang membeli barang-barang impor dari luar negeri. Produk kita sebenarnya memiliki potensial yang baik untuk dapt bersaing dengan produk impor atau persaingan internasional. Mari kita menyukseskan hal demikian.

Hadirin sekalian, perjuangan besar para pahlawan kita yang telah gugur dimedan perang terbayar sudah pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan pada tanggal tersebut telah diproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dan saat ini kemerdekaan itu telah kita rasakan bersama. Sekarang kita sudah tidak merasakan apa yang namanya peperangan lagi. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya terus mempertahankan kemerdekaan kita jangan sampai dijajah oleh negara lain lagi. Kita harus menjadi generasi muda yang cerdas dan pintar serta menjadi cerminan kecerdasan bangsa kita. Terima kasih atas perhatian bapak/ibu/saudara/saudari, hadirin sekalian yang ada ditempat ini. Semoga, dengan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini, kita kembali tersadarkan untuk senantiasa bersyukur atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa berupa kemerdekaan, yaitu melalui tindakan nyata untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif atau kegiatan yang bermanfaat baik bagi diri sendiri, orang lain, keluarga, agama, bangsa dan negara.

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh…."