Sebutkan dan jelaskan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia!

Posted on

Sebutkan dan jelaskan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia!

Jawaban:

Upanya yang dilakukan yaitu:

1.pemerintah berupaya mengubah haluan.

2.pemerintah menyiapkan lima pelabuhan besar untuk menghadapi ASEAN Connectivity.

3.pemerintah menerabkan berbagai regulasi untuk memberdayakan nelayan.

Penjelasan:

1.pemerintah berupaya mengubah haluan.

Adanya perubahan haluan pembangunan nasional merupakan langkah awal pembangunan ekonomi maritim di indonesia. Perubahan tersebut yaitu dari bangunan berbasis daratan (land-based development) menjadi pembangunan berbasis kelautan (acean-based development). Adanya perubahan tersebut memacu berbagai produk kebijakan publik, infrastruktur, dan sumber daya finansial yang terintegrasi menunjang pembangunan kelautan.perubahan tersebut mendorong berbagai pelabuhan dan armada pelayaran (transportasi laut) menjadi lebih maju dan efisien.perubahan tersebut juga memacu percepatan pengembangan infrastruktur dan ketersambungan maritim, pembangunan tol laut, pelabuhan laut dalam,logistik kelautan, serta industri perkapalan.

2.pemerintah menyiapkan lima pelabuhan besar untuk menghadapi ASEAN Connectivity.

Kelima pelabuhan tersebut yaitu pelabuhan belawan, batu ampar, tanjung Priuk, tanjung emas, dan tanjung perak. Dalam menjalankan kebijakan ini, pemerintah memerlukan investasi dari pihak asing, khususnya investasi pada infrastruktur transportasi.

3. Pemerintah menerabkan berbagai regulasi untuk memberdayakan nelayan.

Regulasi ini diterabkan pemerintah untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Masalah utama sektor perikanan adalah pemberdayaan nelayan indonesia. Nelayan merupakan pelaku utama dalam sektor perikanan. Apabila nelayan tidak juga beranjak dari kemiskinan, produktivitas ikan menurun. Menurunnya produktivitas ikan berdampak pada pendapatan nasional. Oleh karena itu,perlu adanya pemberdanyaan nelayan dalam sektor perikanan agar nelayan hidup lebih sejahtera.