. Carilah masalah masalah/problematika yang dihadapi negara negara ASEAN

Posted on

di berbagai bidang dan bagaimana jalan keluarnya !
Please jwb

. Carilah masalah masalah/problematika yang dihadapi negara negara ASEAN

Jawaban:

Masalah :Bencana alam yang terjadi antar anggota Asean

jalan keluar :Isu bantuan bencana atau disaster relief merupakan salah satu bidang kerja sama ASEAN Regional Forum (ARF), forum dialog utama isu politik-keamanan di kawasan yang dibentuk pada Juli 1993.Pembahasan isu ini dilakukan dalam mekanisme Inter-Sessional Meeting on Disaster Management (ISM DR) yang bertujuan mengoordinasikan kerja sama ARF di bidang penanggulangan bencana, seperti menyusun dokumen ARF, mengusulkan suatu inisiatif/proyek, berbagi pengalaman dan keahlian.

Sebagaimana disepakati dalam Pertemuan Tingkat Menteri ARF ke-18 bulan Juli 2011 di Bali, Indonesia dan Australia telah menjadico-chairsdari ARF ISM on DR periode tahun inter-sesi 2011-2013.

Indonesia dan Australia telah menyelenggarakan 11th ARF ISM on DR di Brisbane, Australia pada tanggal 16-17 April 2012, dengan salah satu hasil utamanya yaitu penyusunan ARF Work Plan on Disaster Relief 2012-2014 yangtelah disetujui untuk disahkan pada pertemuan tingkat Menteri ke-19 ARF tanggal 12 Juli 2012 di Phnom Penh.

Selanjutnya, Indonesia bersama Australia juga telah menyelenggarakan 12th ARF ISM on DR di Padang, Indonesia, pada tanggal 12-13 Maret 2013. Pertemuan difokuskan untuk membahas upaya konkrit dalam mendorong harmonisasi kerjasama penanggulangan bencana dalam berbagai mekanisme regional yang ada. Selain itu, pertemuan memaparkan pengalaman beberapa negara dalam penanganan bencana, membahas implementasi ARF Work Plan on DR 2012-2014, perkembangan persiapan kegiatan ARF Disaster Relief Exercise 2013 serta arah kedepan kerjasama penanggulangan bencana di ARF.

Keketuaan bersama Indonesia dan Australia pada ARF ISM DR periode 2011-2013 telah mendapatkan apresiasi dari peserta ARF. Selama periode keketuaan tersebut telah dicapai berbagai kemajuan penting, antara lain dalam bentuk pengesahan Work Plan yang lebih fokus dan selaras dengan AADMER serta upaya koordinasi yang lebih baik dengan mekanisme regional yang lain. Berbagai capaian tersebut diharapkan dapat meletakkan landasan bagi penguatan mekanisme ARF ISM DR di masa mendatang.

Meskipun keketuaan bersama Indonesia pada ARF ISM on DR telah berakhir, Indonesia tetap berperan aktif dalam memajukan kerjasama ARF di bidang bantuan bencana. Indonesia, antara lain, telah menjadi Ketua Bersama ARF Workshop on Consular Contingency Planning and Crisis Management dengan Australia. Workshop ditujukan untuk membangun pemahaman negara peserta ARF mengenai komponen utama dan manfaat dari consular contingency planning. Workshop juga ditujukan untuk memperkuat jaringan koordinasi di antara consular crises officials dalam masa darurat bencana.Workshop telah diselenggarakan pada tanggal 20-21 Mei di Bali.

Selain dalam kerangka ARF, kerjasama dalam bidang bantuan bencana juga dilakukan melalui beberapa mekanisme ASEAN lainnya. Salah satunya adalah di bidang pertahanan. Pada tahun 2014 misalnya, dibawah kerjasama Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR), ASEAN berhasil melaksanakan Komodo Exercise di Batam dan Laut Natuna, dimana terdapat 18 negara (10 negara-negara anggota ASEAN dan 8 negara mitra wicara) bergabung bersama dalam kegiatan tersebut. Kegiatan latihan gabungan (joint exercise) ini diikuti sekitar 3000 angkatan laut Indonesia dan 1885 angkatan laut dari negara-negara peserta lainnya.

.

.

semoga membantu