Perhatikan data berikut!

Posted on

(1) tanah liat
(2) serat alam
(3) kulit
(4) bubur kertas
(5) gips
(6) lilin
berdasarkan data tersebut yang termasuk bahan lunak alami adalah nomor….
a. 1, 2, 3
b. 2, 3, 4
c. 3, 4, 5
d. 4, 5, 6​

Perhatikan data berikut!

Jawaban Terkonfirmasi

Bahan lunak alami adalah bahan yang bertekstur lunak, mudah dibentuk, dan berasal dari alam. Berdasarkan data pada soal, yang termasuk bahan lunak alami adalah nomor a. 1, 2, 3. Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, serat alam, dan kulit hewan.

Pembahasan

Kerajinan dapat dibuat dari bahan lunak atau bahan keras. Bahan lunak adalah bahan dasar pembuatan kerajinan yang memiliki tekstur yang lunak dan mudah dibentuk. Berdasarkan asalnya, bahan lunak dikelompokkan menjadi bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Bahan lunak alami adalah bahan yang memiliki tekstur yang lunak dan mudah dibentuk walaupun tidak menggunakan peralatan khusus, yang berasal dari alam. Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, serat alam, kulit hewan, daun kering, dan lainnya.

Sedangkan bahan lunak buatan adalah bahan yang memiliki tekstur yang lunak dan mudah dibentuk yang berasal dari hasil buatan atau produksi manusia. Contoh bahan lunak buatan adalah bubur kertas, gips, lilin, sabun, fiberglas, spons, clay, dan lainnya.

Bahan keras adalah bahan dasar pembuatan kerajinan yang memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah dibentuk, sehingga memerlukan peralatan khusus. Berdasarkan asalnya, bahan keras juga dikelompokkan menjadi bahan keras alam dan bahan keras buatan. Contoh bahan keras alami adalah tulang hewan, cangkang hewan laut, rotan, kayu, dan lainnya. Sedangkan contoh keras buatan adalah logam,  kaca, dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian kerajinan bahan lunak, pada: brainly.co.id/tugas/12036376
  2. Materi tentang produk kerajinan bahan lunak, pada: brainly.co.id/tugas/12585983
  3. Materi tentang prinsip kerajinan dari bahan lunak brainly.co.id/tugas/30164868

Detil jawaban

Kelas: SMP

Mapel: Seni Budaya

Bab: Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Lunak

Kode: –

#AyoBelajar #SPJ2