Sebutkan dan jelaskan macam2 jujur​

Posted on

Sebutkan dan jelaskan macam2 jujur​

Jawaban:

Pengertian jujur dilihat dari segi bahasa adalah mengakui, berkata, atau pun memberi suatu informasi yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan. Dari segi bahasa, jujur dapat disebut juga sebagai antonim atau pun lawan kata bohong yang artinya adalah berkata tau pun memberi informasi yang tidak sesuai dengan kebenaran.

Macam-macam Sifat Jujur dalam Agama Islam:

1. Jujur dalam Niat dan Kehendak

Yakni motivasi atau dukungan bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah SWT dan ingin mencapai RidhoNya. Jujur yang sesungguhnya berbeda dengan berpura-pura jujur. Orang yang bertindak pura-pura jujur merupakan orang yang tidak ikhlas dalam berbuat.

2. Jujur dalam Ucapan

Yakni memberitahukan sesuatu sesuai dengan realita yang tengah terjadi, kecuali untuk kemaslahatan yang dibenarkan syari'at seperti dalam kondisi Perang, mendamaikan orang yang tengah bersengketa dan semisalnya.

Setiap hamba memiliki kewajiban untuk menjaga lisan, yakni dengan berbicara secara jujur dan dianjurkan untuk menghindari kata sindiran karena dengan hal tersebut adalah sepadan dengan kebohongan, kecuali saat tengah dibutuhkan dan demi kemaslahatan pada saat tertentu, tidak berkata kecuali dengan benar dan jujur.

3. Jujur dalam Perbuatan

Yakni seimbang antara lahir dan batin hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin. Jujur dalam perbuatan juga memiliki arti melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhoi oleh Allah SWT dan melaksanakannya secara terus-menerus dan ikhlas.

Jawaban:

jujur terbagi menjadi tiga

1. Jujur dalam niat

2. Jujur dalam perkataan

3. Jujur dalan perbuatan/amaliah

Penjelasan:

1. jujur dalam niat atau berkehendak yaitu tiada dorongan bagi seseorang dalam segala tindakan dan gerakannya selain dorongan karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

2. jujur dalam perkataan (lisan) yaitu sesuainya berita yang diterima dengan yang disampaikan setiap orang harus dapat memperlihatkan katanya ia tidak berkata kecuali dengan jujur Barang siapa yang menjaga lidahnya dengan cara selalu menyampaikan berita yang sesuai dengan fakta yang sebenarnya ia termasuk jujur jenis ini menepati janji termasuk jujur jenis ini.

3. jujur dalam perbuatan atau Amaliah yaitu beramal dengan sungguh-sungguh sehingga perbuatan lahirnya tidak menunjukkan sesuatu yang ada dalam batinnya dan menjadi tabiat bagi dirinya.