1. mengapa pelabuhan menjadi sangat penting dalam penyebaran islam di indonesia?

Posted on

2. jelaskan secara lengkap yang kamu ketahui tentang kerajaan banjar!
3. jelaskan mengapa VOC yang awalnya tidak menaruh perhatian kepada kerajaan gowa-tallo, tetapi akhirnya memblokir kerajaan itu!

#tolong dibantu ya…..
please……

1. mengapa pelabuhan menjadi sangat penting dalam penyebaran islam di indonesia?

Jawaban Terkonfirmasi

1. Karena pelabuhan dahulu dijadikan tempat berkumpul para pedagang yang beragama islam untuk menyebarkan agama islam.

2. Kerajaan Banjar berbentuk kesultanan yang wilayahnya meliputi terbentang dari Tanjung Sambar sampai Tanjung Aru. Kerajaan Banjar ini merupakan penerus dari Kerajaan Negara Daha. Raja pertama Kerajaan Banjar bernama Pangeran Samudra yang memiliki gelar Sultan Suriansyah.

3.Karena VOC baru mengetahui bahwa pelabuhan Sombaopu sebagai pelabuhan transit terutama untuk mendatangkan rempah-rempah dari Maluku.

Nomor 1. Peranan pelabuhan :tempat kapal berlabuhsebagai sarana penyebaran dakwahsarana perdagangan dan transportasitempat persinggahanPada abad ke-13 dan abad ke-14M, kegiatan perdagangan pada jalur pelayaran tersebut cukup ramai. Para pedagang muslim mengunjungi pelabuhan yang terdapat di pesisir utara pulau jawa antara lain banten, kalapa, indramayu (cimanuk), Cirebon, tuban, gresik, dan jepara. Pada abad ke-14 tidaklah berarti islam baru masuk, melainkan telah meluas di Jawa Barat. Proses perluasan ini diawali dengan masuknya sejak abad ke-7.2Pada perempat pertama abad ke-15 M, Pelabuhan Muhara Jati dan pasar Pasambangan sering disinggahi oleh para pedagang dari berbagai negeri atau daerah sepertiParsi, Arab, India, Pasai, dan lain-lain.