Apa yang dimaksud prinsip dasar negara?

Posted on

Apa yang dimaksud prinsip dasar negara?

Penjelasan:

Prinsip Dasar Negara

Dalam pembukaannya, UUD 1945 menetapkan Pancasila sebagai perwujudan prinsip-prinsip dasar negara Indonesia merdeka. Kelima prinsip diumumkan oleh Sukarno dalam pidato yang dikenal sebagai "Lahirnya Pancasila," yang dia berikan kepada Komite Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam singkat, dan dalam urutan yang diberikan dalam konstitusi, prinsip-prinsip Pancasila adalah: kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa; kemanusiaan, nasionalisme dinyatakan dalam persatuan Indonesia, demokrasi konsultatif; dan keadilan sosial. Sukarno pernyataan Pancasila, sedangkan dalam bentuk sederhana, hasil dari apresiasi yang kompleks dan canggih kebutuhan ideologis dari negara baru. Berbeda dengan nasionalis muslim yang bersikeras pada identitas Islam untuk negara baru, para perumus Pancasila bersikeras pada identitas budaya netral, kompatibel dengan ideologi demokratis atau Marxis, dan menyeluruh perbedaan budaya yang luas dari populasi heterogen. Seperti bahasa nasional – bahasa Indonesia – yang juga dipromosikan Soekarno, Pancasila tidak datang dari kelompok etnis tertentu dan dimaksudkan untuk menentukan nilai-nilai dasar untuk budaya "Indonesia" politik.

Sementara Pancasila memiliki aspek modern, Soekarno disajikan dalam istilah masyarakat tradisional Indonesia di mana bangsa paralel ideal sebuah desa di mana masyarakat egaliter, ekonomi diatur atas dasar saling menolong diri sendiri (gotong royong), dan pengambilan keputusan adalah dengan konsensus (musyawarah mufakat-). Dalam versi Sukarno Pancasila, pembangkangan politik dan sosial merupakan perilaku menyimpang. Soeharto diubah pandangan ini, sejauh bahwa salah satu versi kritik tentang Pancasila adalah bahwa ia mencoba untuk Javanize dengan menegaskan bahwa blok bangunan fundamental dari Pancasila adalah ilmu kasunyatan (kebijaksanaan tertinggi) yang berasal dari praktek-praktek kebatinan.

Jawaban: dasar negara itu didasari oleh dasar yang mendasari dasar tersbut swhingga dasar tsb memiliki dasar dari dasar dasarnya dasar

Penjelasan: