Tuliskan tanggapan kalian tentang

Posted on

ilustrasi 1:penyembelihan hewan kurban
ilustrasi 2:kurban
ilustrasi 3:aqiqah​

Tuliskan tanggapan kalian tentang

Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada 20 Juli 2021 ibadah kurban terkadang memantik pertanyaan sebagian orang. Misalnya, apabila ada orang yang belum diakikahkan orang tuanya, yang mana sebaiknya didahulukan: berakikah buat dirinya atau menyembelih hewan untuk kurban?

Secara umum, kurban dan akikah sama-sama dilaksanakan dengan menyembelih hewan. Namun, perkara akikah sendiri, pada muasalnya, ditekankan kepada orang tua, bukan anak, terutama pada bayi yang baru lahir, khususnya hari ketujuh selepas persalinan. Anjuran akikah tergambar dalam hadis Rasulullah SAW berikut:

Advertising

Advertising

مَعَ الغُلاَمِ عَقِيقَةٌ

"Aqiqah menyertai lahirnya seorang bayi," (H.R. Bukhari).

Namun, ketentuan akikah ini tidak hanya terlepas ketika anak berusia tujuh hari, melainkan diberi kelonggaran pengerjaannya kepada orang tua hingga anak sampai usia balig.

Untuk anak yang belum diakikahkan hingga selepas ia sampai umur balig, kesunahan akikah jatuh pada dirinya sendiri, demikian sebagaimana dilansir NU Online.

Oleh karena itu, seorang anak yang sudah dewasa atau telah akil balig tetap dianjurkan berakikah untuk dirinya sendiri, jika belum diakikahkan pada masa kecilnya.

Lalu, bagaimana jika ia ingin berkurban, tetapi belum berakikah?