Tuliskan tiga langkah yang dapat dilakukan untuk melestarikan serta meningkatkan kejayaan agraris Indonesia​

Posted on

Tuliskan tiga langkah yang dapat dilakukan untuk melestarikan serta meningkatkan kejayaan agraris Indonesia​

Jawaban Terkonfirmasi

Tiga langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi usaha agraris di Indonesia adalah:

  1. Melakukan upaya pelestarian lingkungan untuk menjaga kesuburan tanah dan menjaga potensi sumber daya alam.
  2. Melakukan pengembangan teknologi terhadap hal-hal yang mendukung peningkatan hasil tani, seperti obat-obatan, pupuk, dan pestisida.
  3. Menggunakan bibit unggul untuk mendapatkan hasil tani yang berkualitas dan menurunkan resiko gagal panen.

Pembahasan

Usaha agraris adalah jenis usaha ekonomi yang dilakukan dengan mengolah suatu sumber daya alam agar bisa menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai ekonomi dan bisa diperjualbelikan untuk menciptakan kemakmuran. Pada dasarnya, usaha agraris bisa dibagi menjadi:

  • Pertanian dan perkebunan: jenis usaha agraris yang dilakukan dengan mengolah suatu tanah agar bisa menghasilkan hasil panen yang memiliki nilai ekonomi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari pelakunya. Contoh hasil dari pertanian dan perkebunan adalah padi, jagung, ubi, kelapa sawit, teh, kopi, dll.
  • Perikanan darat: jenis usaha agraris yang dilakukan dengan memelihara ikan air tawar agar bisa menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi, seperti daging ikan. Contoh kegiatan dari perikanan darat adalah membuat waduk atau melakukan budidaya ikan gurame.
  • Peternakan: jenis usaha agraris yang dilakukan dengan memelihara dan merawat hewan-hewan ternak agar bisa menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi dan bisa diperjualbelikan. Contoh hasil dari kegiatan peternakan adalah daging, susu, telur, kulit, tulang, dll.

Maka dari itu, usaha agraris sangat erat kaitannya dengan kelestarian lingkungan karena dengan lingkungan yang tidak subur usaha agraris ini tidak akan menghasilkan apa-apa dan malah akan cenderung merugikan. Maka dari itu, berikut adalah beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi usaha agraris di Indonesia:

  • Pelestarian lingkungan: kegiatan seperti reboisasi, melakukan pengolahan sampah, dan daur ulang sampah bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan agar usaha agraris bisa menghasilkan hasil yang tetap terjaga.
  • Pengembangan teknologi: adanya pengembangan kualitas dan efektivitas dari obat-obatan, pestisida, dan pupuk bisa membantu para petani untuk mengembangkan lahan taninya untuk bisa menghasilkan hasil tani dengan jumlah yang lebih banyak dan memiliki kualitas yang lebih baik.
  • Bibit unggul: penggunaan dari bibit unggul ini terbukti bisa menjaga kualitas dari hasil tani. Selain itu, bibit unggul memiliki kemungkinan untuk mendapatkan hasil tani jauh lebih tinggi ketimbang bibit non-unggul. Maka dari itu, dengan menggunakan bibit unggul, hasil tani yang dihasilkan akan lebih banyak dan lebih berkualitas.

Pembahasan

Materi tentang usaha ekstraktif

brainly.co.id/tugas/14429312

Materi tentang contoh hasil pertanian dan perkebunan

brainly.co.id/tugas/3901436

Materi tentang negara maritim

brainly.co.id/tugas/2904991

Detail jawaban

Kelas: 4

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 3 – Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat

Kode: 4.10.3

#AyoBelajar