Berikan contoh dari faktor faktorpenyebab terbentuknya kepribadan berikut :

Posted on

1. faktor kelompok
2. faktorKebudayaan
3. faktor pengalaman
4. faktor geografis
5. faktor prenatal
6. faktor biologis

mohon bantuannya ya

Berikan contoh dari faktor faktorpenyebab terbentuknya kepribadan berikut :

Jawaban:

1. Faktor Biologis (Warisan)

Yaitu faktor pembentuk kepribadian yang diperoleh dari gen keturunan orang tua

2.Faktor Kelompok

Yaitu kepribadian yang terbentuk dari pengaruh lingkungan kelompok sosial. Kelompok sosial dalam lingkup kecil bisa disebut "teman hidup" entah itu kelompok masyarakat, kelompok kerja, dan kelompok belajar. Ketika kita bergaul dalam kelompok, maka secara sadar atau tidak maka akan memengaruhi anggota yang lain.

3. Faktor Geografis

Yaitu faktor pembentuk kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkungan alam, di mana perbedaan iklim, topografi, hingga sumzber daya alam yang tersedia akan menyebabkan manusia beradaptasi dengan lingkungannya. Maka kepribadian dengan sendirinya akan terbentuk, misalnya orang yang tinggal di pesisir pantai akan berbeda dengan mereka yang tinggal di daerah pegunungan. Misalnya orang-orang pinggir pantai identik berbicara dengan nada keras dan tinggi karena faktor suara debur ombak yang kera.

4.Faktor Kebudayaan

Yaitu faktor kepribadian yang dibentuk oleh kebudayaan. Perbedaan setiap kebudayaan membuat kebudayaan yang dimiliki masing-masing juga berbeda, sehingga perbedaan itu memberikan ciri khas pada anggotanya. Karena manusia, alam, lingkungan sosial termasuk kebudayaan di dalamnya akan saling mempengaruhi.

5.Faktor Pengalaman

Yaitu faktor pembentuk kepribadian yang berhubungan dengan pengalaman hidup. Karena tiap jalan hidup manusia berbeda-beda, maka pahit manisnya kehidupan ini akan mempengaruhi kepribadian juga. Misalnya, jika seseorang mempunyai pengalaman suka duka tertentu sampai keberhasilanya, maka kemungkinan jiwa-jiwa pantang menyerah, suka berbagi, pembelajar, akan ada dalam dirinya.

6.Faktor Prenatal

Yaitu faktor yang berkaitan dengan pemberian rangsangan atau stimulus ketika anak masih dalam kandungan. Oleh sebab itu, kondisi dan kepribadian ibu juga akan berpengaruh terhadap fisik maupun psikis anak yang akan dilahirkanya.