Tuliskan 3 kelebihan dan 3 kelemahan sistem ekonomi komando?​

Posted on

Tuliskan 3 kelebihan dan 3 kelemahan sistem ekonomi komando?​

Jawaban:

Kelebihan Sistem Ekonomi Komando

1. Pemerintah dapat mengendalikan masalah perekonomian

Dengan pemerintah sebagai satu-satunya pengendali kegiatan perekonomian membuat pemerintah dapat dengan mudah mengatasi masalah perekonomian. Masalah-masalah tersebut seperti pengangguran dan inflasi. Pemerintah dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat dan dapat menentukan harga produksi sehingga inflasi terkendali.

2. Kondisi ekonomi stabil

Negara dengan sistem ekonomi komando cenderung memiliki kondisi ekonomi yang lebih stabil dan jarang mengalami krisis. Hal ini karena pemerintah menjadi regulator yang membatasi aktivitas ekonomi melalui kebijakan yang dikeluarkan dan pengawasan yang dilakukan dan masyarakat wajib mematuhinya.

3. Distribusi pendapatan merata

Pemerintah sebagai pemegang tertinggi keputusan perekonomian dapat menentukan harga jual suatu barang dan juga tingkat gaji yang diberikan. Hal ini membuat pendapatan masyarakat merata dan tidak ada kesenjangan ekonomi.

Kelemahan Sistem Ekonomi Komando

1. Pertumbuhan ekonomi lambat

Negara yang menggunakan sistem ekonomi komando cenderung memiliki pertumbuhan ekonomi yang lambat. Hal ini karena pemerintah lebih berfokus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat dan tidak terlalu mementingkan ekspor.

2. Pemerintah tidak mengakui hak individu

Seseorang tidak bisa seenaknya melakukan usaha dan berjual beli. Semuanya harus melalui pemerintah sebagai pemegang kebijakan. Individu tidak dapat memiliki alat produksi karena semuanya milik pemerintah.

3. Minimnya inovasi dan kreativitas

Karena tidak adanya persaingan di pasar, masyarakat cenderung kurang inovatif dan kreatif. Masyarakat merasa tidak perlu untuk membuat sesuatu yang baru karena tidak adanya persaingan. Negara juga sudah menjadi kehidupan dari masyarakat sehingga tidak memerlukan hal baru.

Penjelasan:

maaff bangett kalo kepanjangan atau salah atau ga sesuai sama apa yang kamu harapin :"