Sebutkan 6 Kelompok Karakter Alat Musik

Posted on

Sebutkan 6 Kelompok Karakter Alat Musik

Jawaban:

1. Kenong (Asal : Pulau Jawa)

Karakter non – musikal :

Kenong merupakan salah satu alat musik harmoni dalam perangkat gamelan, bentuk kenong lebih mirip alat musik gong dan kempul namun ukurannya lebih kecil. Satu set kenong biasanya berjumlah 10 buah dan cara memainkannya yaitu dipukul menggunakan tongkat kayu yang dililit kain.

Karakter musikal :

Kenong termasuk kedalam instrumen ideophone (instrumen yang sumber bunyinya berasal dari instrumen itu sendiri).

Kenong memiliki bunyi yang nyaring dan berfungsi dalam mengharmoniskan nada pada ansambel gamelan.

Kenong menggunakan Laras Pentatonik Jawa (Laras Slen, yaitu laras yang memiliki susunan 5 nada dari rendah ke tinggi yang disebut:

1 (ji), 2 (ro), 3 (lu), 5 (mo), 6 (nem)

2. Kendang (asal : Jawa Barat)

Karakteristik non – musikal:

merupakan salah satu alat musik ritmis dalam perangkat gamelan dan cara memainkannya yaitu dipukul atau ditabuh dengan telapak tangan.

Kendang berdasarkan ukurannya ada 3, yaitu Kendang gede yang digunakan sebagai pengiring pencak silat, Kendang gending yang digunakan sebagai pengiring kacapian, dan Kulanter adalah kendang yang berukuran kecil untuk menambahkan variasi tabuhan.

Karakteristik Musikal :

Kendang termasuk kedalam instrumen membranophone (instrumen yang sumber bunyinya berasal dari membran yang terdapat dalam instrumen tersebut).

Kendang berfungsi dalam menjaga ritme dan tempo dalam ansambel gamelan. Kendang tidak memiliki nada, dan memiliki suara yang berbeda – beda, tergantung dari ukurannya. Semakin besar kendang semakin tebal suaranya, dan semakin kecil kendang semakin tipis – nyaring bunyinya.

3. Suling Balawung (asal : Kalimantan)

Karakter non musikal :

Suling Balawung terbuat dari bambu dan tidak menggunakan finishing cat warna untuk melapisinya. Instrumen ini berukuran kecil dan memiliki 5 lubang. Suling balawung mencirikan kewanitaan karena khusus dimainkan oleh wanita suku Dayak.

Karakter musikal :

Karena sumber bunyinya berasal dari hembusan angin, maka suling balawung termasuk jenis alat musik aerophone.

Lima lubang yang terdapat pada instrumen ini bernada do – re – mi – fa -sol – la

Penjelasan:

semoga bermanfaat yaa