tujuan dari aksi pemberontakan PKI DI MADIUM ADALAH UNUTUK MEMBENTUK NEGARA UNISOVIET INDONESIA YG DI PIMPIN OLEH muso​

Posted on

tujuan dari aksi pemberontakan PKI DI MADIUM ADALAH UNUTUK MEMBENTUK NEGARA UNISOVIET INDONESIA YG DI PIMPIN OLEH muso​

Jawaban tepat.

Penjelasan:

tujuan dari aksi pemberontakan PKI di Madiun itu karena diawali dnegan kesepakatan Perjanjian Renville, yang hasilnya itu berdampak buruk pada Indonesia. Nah, disitu perwakilan dari Indonesia ialah Amir Syarifuddin. jadi karena kegagalan Amir (perdana menteri) ini terutama ia merupakan perwakilan dari Indonesia di Perjanjian Renville dan bertanggung jawab atas kerugian Indonesia.

lalu ia dilengserkan dari jabatannya karena telah dianggap gagal. nah disini, Musso ialah tokoh sosialis yang memiliki visisl yang sama dengan Amir Syarifuddin dan ia kecewa karena lengsernya Amir.

namun, kerugian Indonesia membuat Musso mengambil kesempatan ini untuk mendirikan negara Soviet di Indonesia. ini dianggap solusi oleh Musso untuk mempertahankan Indonesia.

apalagi setelah Amir turun dari jabatannya, ditambah dengan digantinya kabinet Amir dengan Kabinet Hatta membuatnya marah dan kemudian bergabung bersama Musso.

dimana Musso ini sudah tinggal di Uni Soviet dan merupakan anggita komunis di Uni Soviet dan mengambil kesempatan kerugian Indonesia ini untuk memenuhi mimpinya yaitu mendirikan negara Uni Soviet di indonesia.