Apa fungsi patung xipe totec dan patung coatlicue bagi peradaban suku aztec ?

Posted on

Apa fungsi patung xipe totec dan patung coatlicue bagi peradaban suku aztec ?

Jawaban Terkonfirmasi

Sebelum membahasPatung xipe totec dan patung Coatlicue bagi peradaban Aztec, terlebih dahulu kita membahas tentang Dewa Xipe Totec dan Coatlicue. 

Xipe totec
Merupakan salah satu dewa dalam Mitologi Aztec kuno pada masa itu. Patung Xipe Totec merupakan dewa pertanian, penjaga ufuk timur Peradaban Aztec.  serta dewa kelahiran dan kematian, yang bersenjata pedang berdarah dan berpakaian kulit manusia.

Menurut kepercayan Aztec, fungsi patung Xipe Totec sebagai patung pemujaan agar pertanian subur dan keselamatan bagi yang akan melahirkan dan yang meninggal. Selain itu di Patung Xipe Totec menjadi bagian atau media dalam ritual pemujaan ritual, dengan cara pertama mengorbankan manusia, mengambil jantungnya, kemudian mengulitinya sebagai bagian dari syarat pemujaan Xipe Totec. Kulit yang sudah dikuliti konon katanya adalah "pakaian emas" untuk dihadiahkan kepada sang dewa.

Coatlicue 
Dewi ini merupakan ibu dari segala dewa bagi Suku Aztec. Ia adalah dewi pemberi rejeki, pemelihara dan perusak bumi, yang memiliki sisik ular di bagian kulit dan memiliki rok yang dipenuhi dengan ular. Kalungnya adalah jantung manusia,tangan dan kaki manusia.

Ia juga disimbolkan dewi perlindungan kepada perempuan yang meninggal saat melahirkan. Intinya adalah ia adalah dewi kesuburan dan wujudnya mirip dengan seekor ular, yang Konon katanya ular adalah simbol dari kesuburan. 

Patung Coatlicue digunakan sebagai pemujaan terhadap dewi ini. Di dalam peradaban kuno, perwujudan dewa atau dewi suatu peradaban berfungsi sebagai pemujaan dan sebagai penghormatan kepada dewa atau dewi yang ia puja. 

………………………

Mata pelajaran: Sejarah
Kelas: X SMA
Kategori: Peradaban di Dunia 
Kata kunci: Aztec, Xipe totec, Coatlicue