Informasi yang berupa tambahan uraian dari Gagasan pokok dinamakan​

Posted on

Informasi yang berupa tambahan uraian dari Gagasan pokok dinamakan​

Jawaban Terkonfirmasi

Gagasan pendukung atau gagasan penjelas merupakan informasi yang digunakan untuk menambah uraian dari gagasan pokok. Dengan kata lain, gagasan pendukung adalah penjelasan tambahan dari informasi yang diberikan oleh gagasan pokok.

Pembahasan

Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang terdiri dari beragam gagasan dan kesatuan pikiran yang menjelaskan ide pokok. Dalam setiap paragraf, terdapat dua jenis gagasan yang menyusunnya, yaitu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Gagasan pokok merupakan gagasan, ide, dan pikiran yang menjiwai dan mendasari penyusunan paragraf. Maka dari itu, gagasan pokok menjadi landasan dasar sebuah paragraf. Gagasan pokok mengandung inti atau pokok bahasan dalam suatu paragraf. Dengan mengetahui gagasan pokok suatu paragraf, maka akan tahu pula pokok bahasan paragraf tersebut. Pada umumnya, gagasan pokok terletak di dalam kalimat utama. Dan hanya terdapat satu saja dalam setiap paragraf. Gagasan pokok merupakan pernyataan yang bersifat umum karena informasi di dalamnya masih bisa dipaparkan lebih lanjut.

Gagasan pendukung atau yang sering disebut dengan gagasan penjelas merupakan gagasan tambahan untuk menguraikan penjelasan dari gagasan pokok. Sifat dari gagasan pendukung adalah khusus karena mengandung informasi yang memuat pendefinisian secara rinci dan mendetail.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang cara menentukan gagasan pokok dalam suatu bacaan brainly.co.id/tugas/30313622
  2. Materi tentang pengertian gagasan pokok brainly.co.id/tugas/245012
  3. Materi tentang pengertian gagasan penjelas dan gagasan pendukung brainly.co.id/tugas/12559733

Detail jawaban

Kelas: IV

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf

Kode: 4.1.1


#TingkatkanPrestasimu