Ilmuan asing yang melakukan penelitian purbakala di indonesia

Posted on

Ilmuan asing yang melakukan penelitian purbakala di indonesia

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam perjalanannya sejarahnya, banyak ilmuan asing yang melakukan penelitian purbakala di Indonesia karena banyaknya ditemukan macam-macam manusia purba di Indonesia seperti Meganthropus Palaeojavanicus, Pitecanthropus Erectus dan Pitecanthropus Soloesis. Manusia-manusia purba tersebut, tak luput ditemukan oleh ilmuan asing yang datang ke Indonesia karena ketertarikannya tentang hal-hal akan menjawab sejarah dunia.

Berikut adalah list dari ilmuan asing yang melakukan penelitian purbakala di Indonesia

1. Eugene Dubols
Pada penelitiannya di tahun 1891, ia menemukan Pithecanthropus Erectus yang kemudian pada saat ini disebut dengan Homo Erectus dimana Homo Erectus ini adalah spesias pertama dari hominid yang ditemukan diluar dari Afrika dan Eropa

2. Gustav Heinrich Ralph von Koesningswald
Pada tahun 1934. Von Koesningswald melakukan penelitian yang dilakukan di daerah Sangiran, Jawa Tengah. Pada penelitian ini, Von Koesningswald menemukan fosil-fosil dari bagian tengkorak dan bagian dari rahang bawah dari Meganthropus serta Pithecanthropus erectus pada  masa penelitiannya.

3. Ter Haar dan Oppernooth
Kedua peneliti ini melakukan penelitian disekitar tahun 1931 – 1934. Berlokasi penelitian di desa Ngandong di daerah Bengawan Solo, penelitian yang ditemukan tidak jauh berbeda seperti Von Koesningswald, yaitu Meganthropus dan Pithecanthropus erectus.

Kesimpulan
Tak banyak ilmuan asing yang melakukan di Indonesia, tetapi dari merekalah yang kemudian menjadi pionir dari peneliti lainnya yang kemudian datang ke Indonesia untuk meneliti dari manusia purba yang berada di Indonesia.

Untuk mempelajari lebih dalam, silahkan klik:
– Manusia purba tinggal di daerah brainly.co.id/tugas/3419917
– Fosil manusia purba paling primitif adalah brainly.co.id/tugas/3991207

Kelas: XI
Mapel: Sejarah
Kategori: Bab 3 – Kehidupan Pra Sejarah di Indonesia
Kata Kunci: Ilmuan Asing
Kode: 3