Motif ekonomi dikategorikan menjadi 4 macam jelaskan

Posted on

Motif ekonomi dikategorikan menjadi 4 macam jelaskan

1. Motif personal

2. Motif profit

3. Motif kekuasaan

4. Motif organisasional

Penjelasan:

1. Motif personal

Motif ekonomi personal merupakan motif ekonomi yang didasari oleh dorongan dalam diri seseorang atau individu yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat ekonomi maupun memenuhi kesejahteraan pribadi.

2. Motif Profit

Motif ekonomi jenis ini merupakan motif ekonomi yang didasari oleh dorongan memperoleh keuntungan dari suatu usaha atau tindakan ekonomi. Motif ekonomi profit ini tidak membicarakan tentang keuntungan berupa uang, tetapi juga berupa keuntungan lain seperti relasi sosial dan hal-hal fisik yang dapat menguntungkan seseorang atau kelompok.

3. Motif kekuasaan

Motif ekonomi jenis ini mendorong individu atau suatu kelompok tertentu untuk melakukan tindakan ekonomi demi mendapat kekuasaan tertentu. Kekuasaan dalam hal ini tidak selalu berhubungan dengan politik tetapi juga kuasa secara sosial.

4. Motif Organisasional

Motif organisasional adalah motif ekonomi yang terbentuk secara konsensus dalam suatu organisasi tertentu seperti perusahaan. Setiap perusahaan atau organisasi dalam bentuk lain memiliki tujuan ekonomi tersendiri dan untuk mencapainya memerlukan tindakan ekonomi yang selaras. Oleh karena itu motif organisasional ini menjadi dorongan bagi organisasi untuk berkembang maupun memproduksi barang atau jasa dengan berkualitas.

semoga membantu, maaf kalo salah

Suatu tindakan dikatakan bermotif non ekonomi ketika tindakan itu dilakukan tanpa ada niat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ataupun untuk mencari laba/ keuntungan pribadi. Seperti misalnya beribadah, bersedekah, bernyanyi, dll.