Buatlah contoh pembukaan teks pidato persuasif dengan tema kreativitas pemuda

Posted on

Buatlah contoh pembukaan teks pidato persuasif dengan tema kreativitas pemuda

Jawaban Terkonfirmasi

Pidato merupakan salah satu cara yang dapat kita tempuh dalam mengemukakan pendapat kita di depan umum. Bahkan, jika ditinjau dari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pidato diartikan sebagai penyampaian pendapat di depan umum. Ada beberapa jenis pidato yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Satu di antaranya adalah pidato persuasif.

Secara sederhana, pidato persuasif dapat diartikan sebagai pidato yang berisikan ajakan kepada para pendengarnya untuk melakukan suatu hal.

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk membuat contoh pembukaan teks pidato persuasif dengan bertemakan kreativitas pemuda.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Kreativitas pemuda

Selamat siang saya sampaikan kepada Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sekalian. Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan pandangan saya tentang kreativitas pemuda. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa pemuda adalah tulang punggung suatu negara, penentu masa depan suatu negara. Pada kesempatan ini, saya ingin menegaskan bahwa sebenarnya peran pemuda bukan hanya di masa depan, tetapi juga masa kini. Kreativitas, yang sudah lama mencari ciri khas dari generasi muda, harus menjadi bekal dan aset yang sangat berharga bagi para pemuda untuk berkarya bagi bangsa dan negaranya. Kehidupan dunia masa kini tidak lagi ditentukan oleh industri statis, tetapi lebih pada kreativitas dan inovasi. keduanya dimiliki oleh para generasi muda kita. Oleh karena itu, generasi muda, jangan takut untuk mengembangkan kreativitasmu.

Contoh lain tentang pidato dapat kamu pelajari pada halaman berikut:

brainly.co.id/tugas/9997826

Simpulan:

Pidato merupakan penyampaian pendapat di muka umum.

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Pidato

Kata kunci: pidato, persuasif, kreativitas pemuda