1

Posted on

1. Apa tujuan di bentuknya BPUPKI!
2. Tuliskan hasil sidang yang dilakukan oleh BPUPKI!
3. Tuliskan usulan Dasar Negara yang disampaikan oleh Ir. Soekarno!
4. Tuliskan hasil sidang pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI!
5. Tuliskan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila !

guys tolong dijawab
beserta kirim nomer wa anda plis​

1

Jawaban:

1. Tugas utama BPUPKI adalah untuk mempelajari, menyelidiki dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal penting yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

2. – Menentukan wilayah negara Indonesia dan hal-hal pendukungnya seperti kewarganegaraan Indonesia, bentuk dari negara Indonesia, bendera negara Indonesia dan lainnya.

– Membahas mengenai rancangan undang-undang dasar.

– Menyatakan bahwa negara Indonesia telah merdeka.

3. usulan dasar negara menurut ir.soekarno :

Kebangsaan Indonesia.

Internasionalisme atau peri kemanusiaan.

Mufakat atau demokrasi.

Kesejahteraan sosial.

Ketuhanan yang berkebudayaan

4.Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah :

Meresmikan dan mengesahkan UUD 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia. Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Negara Indonesia. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

5. Para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila memiliki ciri-ciri komitmen sebagai berikut: Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia. Selalu bersemangat dalam berjuang.

Penjelasan:

*maaf kalo salah:)*

Jawaban:

1) untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka atau mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka

2) – menentukan wilayah negara Indonesia dan hal-hal pendukungnya seperti kewarganegaraan Indonesia, bentuk dari negara Indonesia, bendera negara Indonesia dan lainnya.

-Membahas mengenai rancangan undang-undang dasar.

-Menyatakan bahwa negara Indonesia telah merdeka

3) a)Kebangsaan Indonesia, b) Perikemanusiaan atau Internasionalisme, c) Demokrasi atau Mufakat, d) Kesejahteraan Sosial, e) Ketuhanan yang Berkebudayaan.

4)Meresmikan dan mengesahkan UUD 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia. Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Negara Indonesia. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

5)Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme. Adanya rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia. Selalu bersemangat dalam berjuang.

#semoga membantu:)

jangan lupa follow ya