Jelaskanlah tiga persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!

Posted on

Jelaskanlah tiga persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!

1. memiliki membran plasma
2 memiliki sitoplasma
3. memiliki organel sel yg sama
, seperti ribosom, inti sel dll

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki bagian-bagian berikut ini.

-Membran Plasma
Membran plasma (selaput sel) terletak di lapisan terluar sel, berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhapa lingkungan luar.
-Sitoplasma
Sitoplasma adalah matriks cair di dalam sel. Struktur penyusun sitoplasma antara lain air, protein, lemak, mineral, dan enzim-enzim.
-Organel sel
a. Inti sel (Nukleus)
Nuklues adalah organel terbesar sebuah sel, paling jelas terlihat ketika diamati dengan mikroskop. Fungsi utama inti sel adalah mengatur keseluruhan aktivitas sel. Ia juga merupakan tempat sintesis DNA.
b. Retikulum Endoplasma (RE)
Retikulum endoplasma mempunyai struktur menyerupai kantung pipih. Ada dua jenis retikulum endoplasma, yaitu retikulum endoplasma kasar (Rough endoplasmic reticulum) dan retikulum endoplasma halus (Smooth endoplasmic reticulum). Fungsi retikulum endoplasma antara lain: menampung protein yang disintesis oleh ribosom, menyintesis lemak dan kolesterol, juga dalam pembentukan dinding sel.
c. Ribosom
Ribosom merupakan organel sel terkecil berbentuk bulat, tersebar di dalam sel. Ada ribosom yang melekat pada RE dan ada pula yang bebas (soliter). Fungsi ribosom adalah melangsungkan sintesis protein.
d. Mitokondria
Mitokondria berfungsi sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan ATP (yaitu Adenosin Triphospate, berguna sebagai energi bagi tubuh).
e. Lisosom
Lisosom adalah organel seperti vakuola, menyekresikan enzim-enzim pencerna bahan makanan. Di samping itu, lisosom juga menghasilkan enzim-enzim yang berguna dalam mematikan sel. Enzim lisozim adalah enzim yang dihasilkan oleh lisosom, yang dapat menghancurkan sel bakteri.
f. Badan Golgi (Aparatus Golgi/Diktiosom)
Organel ini banyak dijumpai pada organ ekskresi, misalnya ginjal. badan Golgi berperan dalam sintesis polisakarida, juga memproses dan mengemas protein.
g. Peroksisom
Organel ini dapat ditemui hampir di seluruh sel eukariotik. Peroksisom berperan dalam metabolisme asam lemak dan metabolit lainnya.

semoga membantu