Unsur unsur yg terdapat dalam berita

Posted on

Cermati pantun berikut
Enak rasanya bubur yang hangat
Enak dimakan bersama kerupuk
Hidup memang harus semangat
Jangan la mudah kita terpuruk

Unsur unsur yg terdapat dalam berita

1. What (Apa)

Unsur what (apa) menunujukkan bahwa dalam sebuah berita harus jelas tentang peristiwa apa yang sedang terjadi. Dalam menjabarkan sebuah peristiwa, penulis tidak boleh memasukkan opininya, karena apa yang dijabarkan harus sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

2. Who (Siapa)

Unsur who (siapa) menunjukkan adanya subjek atau orang yang terlibat dalam peristiwa yang diberitakan tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui siapa yang benar-benar terlibat dalam suatu kejadian yang sedang diberitakan, agar menghindari pemalsuan informasi yang beredar.

3. When (Kapan)

Unsur when (kapan) menunjukkan waktu terjadinya sebuah peristiwa yang diberitakan. Kapan peristiwa itu berlangsung, sehingga kita dapat mengetahui saat-saat terjadinya pertistiwa tersebut. Sebuah peristiwa pastilah memiliki waktu kejadiannya, oleh karna itu penting untuk kita mencantumkan waktu berlangsungnya perisitwa tersebut.

4. Where (Dimana)

Unsur where (dimana) menunjukkan tempat atau lokasi dimana sebuah peristiwa terjadi. Hal ini dapat membantu kita mengetahui dimana peristiwa itu sedang berlangsung agar kita tidak salah dalam memastikan informasi yang diberikan.

5. Why (Mengapa)

Unsur why ( mengapa) menunjukkan alasan atau kenapa sebuah peristiwa bisa terjadi. Unsur ini meliputi latar belakang kejadian yang menyebabkan peristiwa itu terjadi. Sehingga membantu kita dalam mengetahui penyebab pasti yang membuat peristiwa itu terjadi.

6. How (Bagaimana)

Unsur how (bagaimana) menjelaskan kronologis atau proses berlangsungnya sebuah kejadian atau peristiwa. Unsur terkahir ini menjabarkan bagaimana peristiwa itu dapat terjadi, sehingga kita dapat mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab sebuah kejadian atau peritiwa yang sedang diberitakan agar kita tidak salah dalam menganalisis peristiwa yang terjadi.

jangan mudah menyerah teruslah bersemangat

semoga membantu