Pengendalian Produk Manufaktur ?

Posted on

Pengendalian Produk Manufaktur ?

Jawaban Terkonfirmasi

Pengendalian produk manufaktur adalah pengendalian produksi (production control) yang bertujuan untuk menekan biaya produksi, meminimalisir gangguan pada proses produksi, dan agar dapat menggunakan waktu produksi secara efisien.

Pembahasan

Perusahaan manufaktur sendiri adalah perusahaan yang membuat suatu produk dari bahan mentah menjadi sebuah bahan jadi.

Berikut ini adalah 4 tahapan pengendalian perusahaan pada saat melakukan aktivitas produksi.

Perencanaan

Biasanya menggunakan sebuah alat bantu berupa kartu material yang berperan sebagai catatan untuk pesanan barang yang akan di produksi. Kartu ini berisi komponen barang yang sudah jadi mapupun barang setengah jadi.

Routing

Routing adalah upaya menentukan prosedur proses produksi mulai dari masuknya bahan mentah, peralatan, serta mesin – mesin produksi yang digunakan masuk pada tahap akhir produksi.

Scheduling

Merupakan penjadwalan kapan proses produksi dapat dimulai dan kapan proses produksi tersebut harus selesai dan di serahkan kepada konsumen. Scheduling seharusnya di buat sebelum proses produksi dimulai dan dibuat dalam bentuk Master Schedule yang akan di urai menjadi beberapa schedule yang spesifik.

Dispatching

Merupakan surat perintah yang memberikan wewenang melakukan kegiatan produksi. Berbagai hal yang dimuat dalam dispatching ini diantaranya adalah desain, ukuran, bahan baku yang digunakan, barang apa yang dibuat dan seberapa banyak, mesin, peralatan yang dipakai, petugas atau karyawan yang mengerjakan.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  pengendalian produk manufaktur brainly.co.id/tugas/18905564

2. Materi tentang  tahap pengendalian produksi brainly.co.id/tugas/8859172

—————————–

 

Detil jawaban  

Kelas:  9

Mapel:  wirausaha

Bab:  Pengendalian Produk Manufaktur

Kata Kunci: Pengendalian Produk Manufaktur