Jelaskan bagaimana cara menunjukan bahwa masyarakat disekitar kita telah mengalami perubahan sosial! dan berikan contohnya

Posted on

Jelaskan bagaimana cara menunjukan bahwa masyarakat disekitar kita telah mengalami perubahan sosial! dan berikan contohnya

Mapel: Sosiologi

Materi: Perubahan Sosial

Jawaban:

1. Terjadi di mana-mana.

2. Dilakukan secara sengaja.

3. Berkelanjutan.

4. Imitatif.

5. Hubungan Kausalitas

Penjelasan:

Masyarakat disekitar kita mengalami perubahan sosial apabila:

1. Terjadi di mana-mana, maksudnya berubah mulai dari desa hingga ke kota secara masif dengan tingkat perubahan yang bisa berbeda atau sama. Contoh: Meningkatnya pengguna internet di dunia dengan masif di mana-mana.

2. Dilakukan secara sengaja, maksudnya berubah dengan terencana oleh pelaku masyarakat itu sendiri. Contohnya: Adanya inovasi kendaraan oleh produsen yang dipakai masyarakat.

3. Berkelanjutan, maksudnya masyarakat akan tetap berubah baik lambat maupun cepat karena hakikatnya sebagai makhluk sosial.

4. Imitatif, maksudnya masyarakat mulai meniru kebiasaan masyarakat lain. Contohnya: Perubahan style rambut, busana, dan tata krama atas dasar meniru perilaku masyarakat lain.

5. Hubungan kausalitas, maksudnya perubahan sosial bisa terjadi karena aspek material atau imaterial dengan hubungan yang bersifat timbal balik, di mana bisa menguntungkan satu pihak atau kedua belah pihak. Contohnya: Produsen yang mengadakan diskon besar-besaran terhadap produknya dibeli ludes oleh konsumen-konsumennya dengan cepat.

Semoga membantu.