Ikatan kovalen dari CH4

Posted on

Ikatan kovalen dari CH4

Jawaban Terkonfirmasi

Pada senyawa CH₄ :

  • Terdapat 4 ikatan kovalen tunggal
  • Tidak terdapat PEB

Pembahasan

boxed{boxed{bold{Ikatan~Kimia}}}

mathbf{Kestabilan~Unsur }

Pada tahun 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa unsur gas mulia sukar untuk bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan unsur sejenisnya, hal ini karena elektron valensinya sudah penuh. Sehingga unsur yang paling stabil adalah unsur gas mulia (golongan VIIIA). Pada konfigurasi elektron gas mulia, elektron valensi gas mulia sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet.).

₂He = 2

₁₀Ne = 2. 8

₁₈Ar = 2. 8. 8

₃₆Kr = 2. 8. 18. 8

₅₄Xe = 2. 8. 18. 18. 8

₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. 8

mathbf{Struktur~Lewis }

Susunan elektron valensi suatu atom yang digambarkan dengan menggunakan titik (dot). Struktur lewis digambarkan dengan menggunakan titik (dot) yang mengelilingi simbol unsur pada masing-masing sisi yaitu kanan, kiri, atas, dan bawah.

boxed{boxed{bold{Ikatan~Kovalen}}}

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar dua atom. Pemakaian elektron bersama terjadi pada unsur non logam dengan unsur non logam. Proses pembentukan ikatan kovalen digambarkan dengan rumus lewis dari rumus lewis tersebut kita  dapat mengetahui rumus strukturnya dengan cara mengganti sepasang elektron ikatan dengan garis.

mathbf{Ikatan~Kovalen~Tunggal }

adalah ikatan kovalen yang hanya melibatkan sepasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom hanya saling memberikan satu elektron kemudian digunakan bersama-sama. Karena elektron yang terlibat hanya sepasang maka digambarkan dengan satu garis.

boxed{boxed{bold{Diket}}}  

CH₄

nomoar atom C = 6

nomor atom H = 1

boxed{boxed{bold{Ditanya}}}  

Ikatan kovalen CH₄

boxed{boxed{bold{Jawab}}}  

Proses pembentukan ikatan kovalen dari senyawa CH₄

Konfigurasi elektron C (Z = 6)  dan H (Z = 1)  adalah:

C : 2. 4

Atom C memerlukan 4 elektron untuk mencapai kestabilan oktet/8. Struktur lewis menggambarkan susunan elektron valensi atom, sehingga atom C yang mengelilingi terdapat 4 elektron.

H : 1

Atom H memerlukan 1 elektron untuk mencapai kestabilan duplet/2. Sedangkan struktur lewis pada atom H yang mengelilingi terdapat 1 elektron.

Agar antara atom C dan atom H dapat berikatan sehingga mencapai kestabilan. Maka atom C harus berikatan dengan 4 atom H. Sehingga atom C menerima 4 elektron dari atom H kemudian elektron digunakan bersama untuk saling berikatan.

Gambar proses pembentukan ikatan kovalen CH₄ dapat dilihat pada lampiran

Dari gambar struktur lewis, dapat dilihat bahwa hanya terdapat dua elektron (sepasang elektron) yang digunakan bersama-sama untuk berikatan antara atom C dan atom H sehingga termasuk dalam ikatan kovalen tunggal. Oleh karena itu, pada senyawa CH₄ terdapat 4 ikatan kovalen tunggal dan tidak terdapat PEB (Pasangan Elektron Bebas).

boxed{boxed{bold{Kesimpulan}}}  

Pada senyawa CH₄ :

  • Terdapat 4 ikatan kovalen tunggal
  • Tidak terdapat PEB

mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }  

 

              boxed{bigstar}boxed{bold{Semoga~Membantu}}boxed{bigstar}              

              boxed{bigstar}boxed{bold{ionkovalen}}boxed{bigstar}

mathbf{Detil~Jawaban }  

Mapel : Kimia

Bab : Ikatan Kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.4

Kata kunci : ikatan kovalen, pemakaian elektron bersama, kovalen tunggal, oktet

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban