negara Indonesia dan negara Singapura tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian PBB. Kerja sama yang demikian melaksanakan tujuan negara Indonesia bahwa ketertiban dunia harus berdasarkan​

Posted on

negara Indonesia dan negara Singapura tergabung dalam pasukan penjaga perdamaian PBB. Kerja sama yang demikian melaksanakan tujuan negara Indonesia bahwa ketertiban dunia harus berdasarkan​

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam undang undang dasar negara Republik Indonesia, politik luar negeri Indonesia yaitu menjaga ketertiban dunia yang didasari oleh kemerdekaan, perdamaian abadi serta diikuti dengan keadilan sosial.

Pembahasan

Indonesia merupakan salah satu negara yang terjajah oleh bangsa asing sehingga,  salah satu tujuan negara Indonesia adalah dengan menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi, kemerdekaan dan keadilan sosial, Indonesia tidak mendukung penjajahan diatas dunia karena penjajahan menyebabkan keadilan sosial disuatu negara tidak dapat terwujud serta merusak perdamaian dunia.

Indonesia pernah membentuk persatuan negara non blok yang artinya tidak memihak terhadap kedua kekuatan besar didunia yang bisa mengakibatkan perang dunia sehingga ini menjadi bukti menjalankan tujuan negara yaitu lebih mementingkan perdamaian abadi terwujud antar negara ketimbang perang.

Bentuk lain indonesia menjalankan tujuan negara yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi serta mewujudkan keadilan sosial yaitu bergabungnya tentara nasional Indonesia di anggota perdamaian pbb, seperti tentara Indonesia untuk pbb yang menjaga negara Lebanon dari konflik negara tersebut serta Indonesia membela negara negara terjajah seperti Palestina yang saat ini tertindas oleh Israel dan sangat menentang penjajahan di atas dunia.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: ppkn

Bab: Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kode: 8.9.1

Kata kunci: politik luar negeri, tujuan negara, Indonesia, dunia, PBB