Buatlah ringkasan teks eksplanasi tersebut ​

Posted on

Buatlah ringkasan teks eksplanasi tersebut ​

Buatlah ringkasan teks eksplanasi tersebut ​

Jawaban:

Batu Bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item dan kecoklatan yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh didalam permukaan bumi. Batu bara mudah terbakar dan terbentuk dari tanaman mati yang teekubur dirawa rawa selama jutaan tahun yang lalu. Di samping itu, batu bara memuat unsur lain, seperti belerang hidrogen oksigen dan nitrogen dalam jumlah yang bervariasi.

Batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagian besar permukaan bumi tertutup rawa. Tanaman Terestial, terutama pohon pohon tinggi di hutan rawa seperti lycopods jatuh kedalam rawa atau genangan air. Karena perubahan iklim, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup oleh lumpur dalam jumlah besar. Pada bagian bawah membentuk lapisan bawah yang disebut gambut.

Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembetukan batu bara ini terputus dari udara langsung. Oleh karna itu, proses de-komposisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan antara lapisan sedimen, gambut berubah menjadi bituminous, batu bara subbituminious, dan akhirnya bentuk utuh batu bara.

Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batu bara.

Penjelasan:

Maaf kalo salah