Tuliskan tiga jenis keberagaman di Indonesia dan berikan masing-masing tiga contohnya!​

Posted on

Tuliskan tiga jenis keberagaman di Indonesia dan berikan masing-masing tiga contohnya!​

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut adalah beberapa bentuk dari keberagaman yang ada di Indonesia:

  1. Keberagaman agama: Indonesia memiliki agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
  2. Keberagaman ras: Indonesia memiliki ras Malayan Mongoloid, Ras Melanosoid, dan Ras Asiatic Mongolid.
  3. Keberagaman suku bangsa: Indonesia memiliki Suku Sunda, Suku Jawa, Suku Batak, dll.

Pembahasan

Keberagaman yang ada di Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Keberagaman yang ada di Indonesia ini membuat Indonesia juga disebut sebagai bangsa yang pluralistik. Pada dasarnya, keberagaman yang ada di Indonesia ini bisa meliputi suku, budaya, ras, agama, golongan, dll. Namun, yang menjadi salah satu kekayaan utama dari bangsa Indonesia adalah kekayaan suku bangsa dan budaya. Setiap suku bangsa dan budaya yang ada di Indonesia ini memiliki ciri khasnya masing-masing yang membuat kita bisa membedakan suatu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya.

Berikut adalah beberapa ciri khas dari suatu suku bangsa:

  • Rumah adat: tempat tinggal yang dimiliki oleh suatu suku bangsa biasanya memiliki bentuk dan juga arsitektur yang khas. Bentuk dari rumah adat yang khas ini tercipta karena usaha masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka tinggal. Contohnya adalah rumah adat dari suku bangsa yang tinggal di pinggiran sungai akan memiliki bentuk rumah yang cukup tinggi dari tanah untuk mencegah air masuk.
  • Pakaian adat: adanya bahan dan juga bentuk dari busana yang dikenakan oleh suatu suku bangsa. Sama seperti rumah adat, bahan dan bentuk dari suatu pakaian adat juga biasanya merupakan salah satu usaha masyarakat untuk bisa bertahan hidup di lingkungan tempat mereka tinggal. Contohnya adalah suatu suku bangsa yang tinggal di daerah pegunungan akan memiliki pakaian adat yang tebal dan tertutup agar bisa bertahan terhadap suhu udara pegunungan yang dingin.
  • Bahasa daerah: adanya penggunaan simbol, bahasa, dan juga tulisan yang khas. Penggunaan bahasa ini digunakan oleh sebagian besar masyarakat yang ada di suatu wilayah dan dijadikan sebagai bahasa sehari-hari untuk berkomunikasi satu sama lain.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manfaat keberagaman suku bangsa dan budaya

brainly.co.id/tugas/12664471

Materi tentang menyikapi keberagaman suku bangsa dan budaya

brainly.co.id/tugas/4277627

Materi tentang masalah yang muncul akibat adanya keberagaman suku bangsa dan budaya

brainly.co.id/tugas/18498285

Detail jawaban

Kelas: 5

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Kode: 5.10.3

#TingkatkanPrestasimu