Jelaskan konsep kaitan etika,moral,amoral,immoral dan etiket tersebut dalam pendidikan​

Posted on

Jelaskan konsep kaitan etika,moral,amoral,immoral dan etiket tersebut dalam pendidikan​

etika :

Sebagai suatu subjek, etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan – tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. … Etika disebut juga filsafat moral, cabang dari filsafat yang berbicara tentang tindakan manusia.

moral :

Moral, akhlak, etika, atau susila (Latin: Moralitas; Arab: أخلاق, akhlāq) adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya.

amoral :

Amoral sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai “tidak bermoral, tidak berakhlak”. Yang kemudian orang awam sering mengkaitkan tindakan yang baik dengan tindakan bermoral dan tindakan yang buruk dengan tindakan tak bermoral atau tindakan amoral.

immoral :

Sedangkan immoral adalah tindakan tidak bermoral yang dilakukan oleh seseorang walaupun orang tersebut sudah mengetahui bahwa hal tersebut memang salah dan tetap melakukannya.

etiket :

Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan. Etiket berasal dari kata bahasa Prancis "etiquette".