Contoh pidato persuasif tentang silaturahmi​

Posted on

Contoh pidato persuasif tentang silaturahmi​

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut merupakan contoh pidato persuasif mengenai silaturahmi:

Salam Pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Pembukaan

Puji syukur kita haturkan ke hadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan berkat dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada hari yang suci ini. Salawat beserta salam juga kita iringkan pada rasul kita Muhammad saw. yang telah membimbing kita dari zaman jahiliyah kepada jalan Islamiyah seperti pada saat ini.

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 1 Siteba. Yang saya hormati, Bapak/Ibu majelis guru beserta staf tata usaha. Selanjutnya, yang saya sayangi, teman-teman dan rekan seperjuangan yang dirahmati Allah.

Isi

Ibu, Bapak, dan teman-teman sekalian! Hari kemenangan telah sampai di hadapan kita. Pada hari yang Fitri ini kita tentu dianjurkan untuk saling bermaaf-maafan serta menyambung kembali ikatan silaturahmi yang telah renggang.

Rasulullah pernah bersabda yang dirangkum oleh HR. Bukhari, bahwa: “Barang siapa yang hendak dimurahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah mereka mempererat tali hubungan silaturahmi.”

Di era serba kemajuan seperti saat ini, silaturahmi bukan hanya bisa kita capai dengan pulang kampung mengarungi pulau untuk bertemu lagi dengan keluarga. Silaturahmi bisa kita lakukan via dunia maya. Selain itu, silaturahmi tentu perlu juga kita lakukan pada teman-teman, tetangga, dan semua orang di sekeliling kita.

Penutup

Semoga kita semua bisa menjadi seseorang yang dapat menjaga tali silaturahmi. Karena hubungan baik sesama manusia juga merupakan suruhan dan perintah dari Allah Swt.

Salam penutup

Sekian saja pidato yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan, saya mohon maaf. Akhir kata, wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Pembahasan

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan pada khalayak umum dengan tujuan untuk memengaruhi para pendengarnya. Dalam menulis pidato persuasif, kita harus menggunakan kata-kata yang bisa membangkitkan emosi dan menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian pidato persuasif brainly.co.id/tugas/2417933
  2. Materi tentang struktur pidato persuasif brainly.co.id/tugas/17201717
  3. Materi tentang tujuan pidato persuasif brainly.co.id/tugas/3436576

Detail jawaban

Kelas : 9

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Pidato

Kode :9.1.7

#AyoBelajar #SPJ2