Sebutkan pengaruh kalor terhadap auatu benda​

Posted on

Sebutkan pengaruh kalor terhadap auatu benda​

Tiga pengaruh kalor pada suatu benda adalah kalor dapat mengubah wujud benda, kalor dapat mengubah suhu benda, dan kalor dapat mengubah bentuk benda. Penjelasannya dapat disimak dalam pembahasan berikut.

Pembahasan

Kalor atau panas yang diberikan pada benda atau dilepaskan oleh benda akan mempengaruhi benda tersebut. Pengaruhnya pada benda tersebut antara lain :

1. Wujud benda

Suatu benda yang diberikan kalor bisa mengubah wujud bendanya seperti dari padat ke cair, padat ke gas, atau cair ke gas. Begitu sebaliknya, ketika benda melepas kalor maka benda tersebut pun dapat berubah wujud, seperti dari cair ke padat, gas ke padat, atau gas ke cair.

2. Suhu benda

Suatu benda apabila diberikan kalor maka benda tersebut akan mengalami kenaikan suhu. Sedangkan, apabila benda tersebut melepas kalor maka suhu benda tersebut akan mengalami penurunan.

3. Bentuk benda

Suatu benda apabila diberikan kalor maka benda tersebut akan memuai atau pada beberapa benda akan mengalami penyusutan (misal : air). Sedangkan, apabila benda tersebut melepas kalor, maka benda tersebut akan menyusut atau pada beberapa benda akan mengalami pemuaian.

Jadi, 3 pengaruh kalor pada suatu benda adalah kalor dapat mengubah wujud benda, kalor dapat mengubah suhu benda, dan kalor akan mengubah bentuk benda.

Penjelasan:

Pengaruh yang dapat disebab kan oleh kalor pada suaru benda:

1. mempercepat reaksi contoh gula dalam air panas akan lebih cepat larut

2. mengubah bentuk benda contoh esbatu jadi cair jd uap

3. mengurangi bagian dari suatu benda contoh air menjadi uap

4. memberikan atau menghantarkan panas contoh pada wajan berbahan logam

5. merusak struktur suatu benda contoh pd sel mhluk hidup dpt menyebabkan pecah sel

6. memberikan suatu pertambahan panjang contoh pada pemuaian rel kereta api

7. mengubah sifat suatu benda contoh besi pada suhu kalor tinggi membuat besi menjadi elastis dan mudah dibentuk