4. Mengapa pertanian menjadi kegiatan

Posted on

ekonomi utama di beberapa negara di
Asia Tenggara? Hubungkan jawabanmu
dengan kondisi geografis negara tersebut!​

4. Mengapa pertanian menjadi kegiatan

Jawaban:

gara gara cuaca di Asia tenggara

Penjelasan:

maaf kalo salah semoga bermanfaat dan dapat membantu ya

Pertanian menjadi kegiatan ekonomi utama di beberapa negara di Asia Tenggara karena kondisi geografis yaitu:

Iklim Tropis dengan curah hujan tinggi dan sinar matahari sepanjang tahun

Tanah aluvial dan volkanik yang subur

Adanya sungai-sungai besar sebagai sumber air irigasi

Pembahasan:

Iklim Tropis memiliki curah hujan tinggi, yang tak lepas dari tingginya penguapan akibat tingginya sinar matahari lokasi di dekat Khatulistiwa. Iklim tropis di Asia Tenggara mendorong wilayah ini sebagai wilayah agraris dengan mendukung pertanian, terutama pertanian padi yang merupakan pertanian dengan kebutuhan air yang intensif.

Pertanian di Asia Tenggara didukung oleh banyaknya tanah aluvial di sekitar aliran sungai. Tanah alluvial adalah tanah yang terbentuk akibat pengendapan material yang dibawa oleh aliran sungai. Aliran sungai-sungai besar ini juga membawa aliran sebagai sumber air irigasi.

Sungai besar yang mendukung pertanian di Asia Tenggara termasuk:

Sungai Irawaddy dan Salween di Myanmar

Sungai Chao Phraya di Thailand

Sungai Mekong di Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam

Sungai Merah di Vietnam

Sungai Chao Phraya misalnya merupakan pendukung utama pertanian padi di Thailand. Thailand adalah pengekspor beras terbesar kedua di dunia dan terbesar di Asia Tenggara, dengan ekspor sekitar 10,3 juta metrik ton beras. Lembang sungai Chao Phraya adalah wilayah pertanian padi terbesar dan paling subur di negara ini, dengan luas 162,800 kilometer persegi atau sekitar 35% dari luas negara ini.

Banyaknya gunung berapi di Asia Tenggara, yang terbentuk dari aktivitas lempeng tektonik di kerak bumi juga mendukung pertanian. Abu volkanik yang dihasilkan oleh gunung berapi ini sangat subur.

Gunung berapi ini misalnya adalah Gunung Pinatubo di Filipina dan Gunung Merapi di Indonesia

karena kondisi geografis di asia tenggara merupakan media yang sangat mendukung kegiatan bercocok tanam. sehingga para penduduk asia tenggara memanfaatkan kelebihan ini untuk menopang kegiatan ekonomi mereka, yaitu dengan bertani.