1. Jelaskan teori-teori masuknya agama Islam di Indonesia !

Posted on

2. Bagaimana saluran-saluran masuknya agama Islam di Indonesia !
3. Sebutkan peninggalan-peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
4. Sebutkan Raja-Raja Islam di Indonesia !
5. Kapan Agama Islam masuk ke Indonesia jelaskan dengan contoh!

helpp mee kakk")​

1. Jelaskan teori-teori masuknya agama Islam di Indonesia !

jawaban:

1. Teori Arab (Mekah)

Teori tentang masuknya Islam di Indonesia diperkirakan berasal dari Timur Tengah, tepatnya Arab. Teori Arab (Mekah) ini didukung oleh J.C. van Leur, Anthony H. Johns, T.W. Arnold, hingga Abdul Malik Karim Amrullah atau Buya Hamka

Menurut Buya Hamka, Islam sudah menyebar di Nusantara sejak abad 7 M. Hamka dalam bukunya berjudul Sejarah Umat Islam (1997) menjelaskan salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Islam masuk ke Nusantara dari orang-orang Arab

Bukti yang diajukan Hamka adalah naskah kuno dari Cina yang menyebutkan bahwa sekelompok bangsa Arab telah bermukim di kawasan Pantai Barat Sumatera pada 625 M.

Sebagian dari pedagang Arab tersebut kemudian menikah dengan warga lokal dan membentuk komunitas muslim. Mereka bersama-sama kemudian melakukan kegiatan dakwah Islam di berbagai wilayah di Nusantara.

2. Terdapat beberapa saluran penyebaran pengaruh Islam di Indonesia sehingga bisa tersebar dan perkembangannya pesat di nusantara, antara lain melalui saluran perdagangan, saluran perkawinan, saluran tasawuf, pendidikan, dan seni budaya.

3. masjid , keraton , nisan atau makam , dan pesantren .

4. 1. sultan Hassanudin dari kerajaan Makassar

2. Raden patah dari kerajaan Demak

3. sultan Malik Al shaleh dari samudera pasai

4. Jaka Tingkir dari kerajaan pajang .

5. Proses Masuknya Islam ke Indonesia Menurut Teori Mekkah

Jadi sudah barang tentu Islam telah masuk ke Indonesia jauh sebelumnya, yakni sekitar abad ke-7 Masehi atau pada abad pertama Hijriyah. Jika dihubungkan dengan penjelasan dari studi kepustakaan Arab kuno, disebutkan al-Hind sebagai India atau pulau-pulau Cina.

Penjelasan:

semoga bermanfaat ya