tentukan tesis, argumen,dan penegasan ulang dari teks kemajuan industri berbanding terbalik dengan keasrian lingkungan

Posted on

tentukan tesis, argumen,dan penegasan ulang dari teks kemajuan industri berbanding terbalik dengan keasrian lingkungan

Jawaban Terkonfirmasi

tentukan tesis, argumen,dan penegasan ulang dari teks kemajuan industri berbanding terbalik dengan keasrian lingkungan

Jawaban

Pendahuluan

Tesis atau pernyataan pendapat, argumen, dan penegasan ulang merupakan tiga istilah yang erat kaitannya dengan teks eksposisi. Ketiga teks tersebut merujuk pada ketiga struktur yang terdapat pada teks eksposisi. Adapun teks eksposisi merupakan karya sastra Indonesia yang secara khusus menyajikan informasi berupa ilmu pengetahuan kepada para pembaca dan pendengarnya. Satu hal menarik dari teks eksposisi ini adalah ilmu pengetahuan dapat disajikan dalam bentuk ringkas dan padat. Hal ini dilakukan tak lain utnuk menjadikan teks eksposisi menarik untuk disimak.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari ketiga struktur tersebut dari satu teks yang berjudul "Kemajuan Industri Berbanding Terbalik dengan Keasrian Lingkungan".

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Kemajuan Industri Berbanding Terbalik dengan Keasrian Lingkungan

(tesis)

Saat ini pencemaran lingkungan adalah ancaman terbesar bagi umat manusia di planet ini. Hal ini bisa dilihat dari semakin kotornya lingkungan kita. Lingkungan yang terdiri dari tanah, air, udara, tumbuhan dan hewan semuanya tidak luput dari pencemaran lingkungan. Jika hal ini terus terjadi, maka keberadaan manusia dan alam akan segera musnah. Ironisnya, pencemaran lingkungan ini diakibatkan dari ulah manusia sendiri yang mengotori lingkungannya.  

                                 

           Terlebih lagi dengan kemajuan jaman yang tidak bisa dibendung lagi. Hal ini memaksa manusia untuk melakukan produksi massal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga muncullah perusahaan – perusahaan yang bergerak di dalam bidang industri. Namun, pergeseran pola hidup manusia dari agraris menuju industri ini menyebabkan masalah yang sangat serius, yaitu semakin kotornya bumi ini akibat dari proses kegiatan produksi maupun hasil dari kegiatan produksi yang disebut juga dengan limbah.  

 (argumentasi)

           Untuk menjalankan produksinya, perusahaan sering sekali mengeksplorasi bumi secara besar – besaran. Bahkan, tidak memperhatikan keasrian lingkungan. Contohnya adalah perusahaan – perusahaan yang membutuhkan kayu sebagai bahan baku, seperti perusahaan kertas, mebel, dan lain – lain. Mereka menebang pohon-pohon dengan sangat aktif. Akibatnya, bumi kita ini menjadi lebih hangat. Jika hal ini terus terjadi, maka bumi kita akan menjadi semakin panas hingga mendidih, bahkan bisa menjadi gurun. Hal ini juga akan menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan selatan, sehingga bumi akan ditutupi dengan air laut yang akan menyebabkan kehancuran umat manusia.

 

           Kegiatan produksi pada perusahaan industri- industri besar menghasilkan asap yang sangat banyak di udara. Asap tersebut merupakan hasil dari proses pembakaran. Akibatnya, udara menjadi sangat kotor dan beracun. Padahal, udara murni sangat dibutuhkan untuk bernafas. Jika kita bernafas dengan udara bersih, maka kesehatan kita akan membaik. Sebaliknya, udara yang telah tercemar menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan kita, bahkan bisa menyebabkan kematian.  

 …

 

(penegasan ulang

           Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa, lingkungan kita saat ini telah tercemar. Hal ini akibat dari kegiatan – kegiatan industri yang mencemarkan lingkungan seperti udara, air, dan tanah. Bila hal ini terus terjadi, maka kehidupan di muka bumi ini akan segera musnah. Padahal, Jika udara yang kita hirup, air yang kita minum dan tanah subur yang menghasilkan tanaman, sayuran dan buah-buahan tidak tercemar, maka manusia akan mendapatkan kesehatan yang baik dan umur yang panjang. Oleh karena itu jika kita tidak bertindak, maka manusia dan seluruh kehidupan di dalamnya akan musnah.

Kesimpulan

Tesis, argumen, dan penegasan ulang merupakan struktur teks eksposisi.

Pelajari lebih lanjut

Materi teks eksposisi: brainly.co.id/tugas/9280694

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: struktur teks eksposisi