Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian? (jawaban usahakan mencapai 5 baris)

Posted on

Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Mengapa demikian? (jawaban usahakan mencapai 5 baris)

Jawaban:

Indonesia memiliki letak yang sangat strategis dan kekayaan alam yang berlimpah, namun sampai saat ini belum mampu menjadi negara maju. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

2. Masih terdapat konflik karena kepentingan antar penguasa.

3. Masih disetir oleh bangsa lain, dan sebagainya.

Penjelasan:

maaf jika salah

Jawaban:

Karena sumber daya manusia saat ini masih belum baik, hal ini disebabkan pendidikan yang tidak merata di seluruh daerah.

Penjelasan:

1.Kita akui, bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat strategis. Negara ini terletak di garis khatulistiwa dimana menjadikan tanah negeri ini subur sekali, serta memiliki kekayaan alam yang begitu sangat melimpah terutama di bidang pertambangan. Walaupun demikian, nyatanya Indonesia masih belum mampu untuk menjadi negara maju. Ada banyak alasan yang menjadikan negara ini masih belum bisa dikatakan negara maju, diantaranya rendahnya mutu serta kualitas di bidang pendidikan, pemerintahan, budaya, ilmu, teknologi, sektor industri, serta pertanian pangan dan sejenisnya.            Selain itu, sifat bangsa ini yang masih mengandalkan impor dan sukar untuk berdiri dibawah kaki sendiri, menjadikan negara ini sulit untuk berkembang. Belum lagi Sumber Daya Alam kita yang justru dikelola negara asing, menjadikan negara ini semakin terpuruk.

2.pemerintah harus menggalakkan program transmigrasi.Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari daerah yang jumlah penduduknya padat ke daerah lain yang penduduknya tidak padat dengan tujuan menetap dalam wilayah negara indonesia. daerah tujuan transmigrasi antara lain : pulau sumatra,Kalimantan,Sulawesi,dan Papua

3.Di Indonesia memang terkenang akan keberagaman flora dan faunanya. Terbukti ketika kita berada di kebun binatang atau di wisata tamam flora, ada berbagai macam hewan dan tumbuhan yang cocok hidup di indonesia. Itu pun ada berbagai alasan, antara lain: 1.karena kondisi iklim 2. Suhu 3. Letak geografis yang sangat strategis 4. Banyak hutan, laut, dan sungai untuk kelangsungan hidup flora dan fauna.

4.karena indonesia adalah negara yang kaya akan pulau, agama, suku, ras, dan memiliki budaya yang berbeda-beda atau beragam. Hal inilah yang membuat budaya Indonesia sangat beragam

5.Interaksi keruangan memberikan gambaran mengenai adanya kondisi saling mempengaruhi dan ketergantungan antarkomponen ruang muka bumi, baik antara faktor alami, faktor alam dengan manusia, alam dengan kondisi sosial budaya, maupun antar faktor sosial.

Di daerah tempat tinggalku, banyak lahan pertanian berubah menjadi tempat pemukiman penduduk.

masih ada yang belum mengerti?

maaf juga kalau salah